Senin, 30 Maret 2020 13:34 WIB

Sebut Mudik Terpaksa, Jokowi Ingin Bansos Dipercepat

Editor : Eggi Paksha
Presiden Jokowi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sejak adanya tanggap darurat virus Corona, banyak warga yang mempercepat pulang kampung atau mudik Lebaran.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai fenomena tersebut bukan karena tradisi tapi akibat dari keadaan. “Saya melihat bahwa arus mudik dipercepat bukan karen faktor budaya tetapi karena terpaksa,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas, Senin (30/3/2020).

Dia mengatakan, pemudik saat ini banyak dilakukan oleh para pekerja informal. Faktor ekonomi terpaksa warga mudik lebih cepat dari biasanya.

“Banyak pekerja informal di Jabodetabek yang terpaksa pulang kampung karena penghasilannya menurun sangat drastis atau bahkan hilang. Tidak ada pendapatan sama sekali akibat diterapkannya kebijakan tanggap darurat, yaitu kerja di rumah, sekolah di rumah dan ibadah di rumah,” ungkapnya. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar program bantuan sosial segera dilaksanakan. Langkah itu untuk memberikan perlindungan sosial di sektor informal maupun pekerja harian. Termasuk juga segera dilaksanakan insentif bagi usaha mikor dan kecil.

“Betul-betul segera dilaksanakan di lapangan. Sehingga para pekerja informal, buruh harian, asongan semuanya bisa memenuhi kebutuhan dasarnya sehari-hari,” tuturnya.(ist)


0 Komentar