Kamis, 02 April 2020 13:47 WIB

Pemerintah Siapkan Jaring Pengaman Sosial untuk Warga DKI

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi warga menggunakan masker agar tidak terkena virus corona saat berada di luar rumah. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Salah satu langkah yang disiapkan pemerintah untuk menghadapi dampak virus corona adalah menyiapkan jaring pengaman sosial (JPS).

Terutama bagi masyarakat yang tinggal di DKI Jakarta. "Saya melihat bantuan perlindungan sosial, stimulus ekonomi akan sangat membantu sekali dalam bertahan, terutama di Ibu Kota," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka rapat terbatas, Kamis (2/4/2020).

Dia mengatakan bahwa pemerintah pusat akan membantu Pemda DKI Jakarta dalam program jaring pengaman sosial. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut akan menyiapkan program tersebut untuk 1,1 juta orang.

"Saya kira kemarin Gubernur DKI juga sudah menyampaikan 3,6 juta perlu dimasukkan di dalam jaring pengaman sosial. Dan yang sudah diberikan oleh Provinsi DKI 1,1 juta. Artinya tinggal 2,5 juta yang perlu segera kita siapkan untuk dieksekusi dilapangan," ujarnya.

Seperti diketahui, total anggaran untuk penanganan virus corona mencapai Rp405,1 triliun. Sebanyak Rp110 triliun di antaranya digunakan untuk perlindungan sosial. Sementara, sisanya digunakan untuk pembelian alat kesehatan dan stimulus ekonomi.(ist)


0 Komentar