Senin, 01 Juni 2020 12:13 WIB

Jokowi Minta Masyarakat Tak Berhenti Berkreasi, Berinovasi, dan Berprestasi di Tengah Pandemi Corona

Editor : Eggi Paksha
Jokowi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini diselenggarakan di tengah pandemi corona.

Presiden Joko Widodo mengatakan, saat ini daya juang, pengorbanan, kedisiplinan dan kepatuhan bangsa Indonesia sedang diuji. Termasuk juga diuji bagaimana ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat

"Dalam menghadapi semua ujian tersebut, kita bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semuanya," kata Jokowi saat memberikan amanat dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar secara virtual, Senin (1/6/2020).

Jokowi mengatakan, nilai-nilai Pancasila tetap hadir di tengah masyarakat. Nilai-nilai inilah yang menggerakkan persatuan masyarakat Indonesia dalam mengatasi semua tantangan.

"Menggerakkan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi. Memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan kita untuk meringankan beban seluruh anak negeri dan menumbuhkan daya juang kita dalam menghadapi setiap kesulitan dan tantangan yang kita hadapi," ujarnya.

Pada kesempatan itu Jokowi menekankan bahwa tantangan yang dihadapi tidaklah mudah tahun ini. Bahkan, dia menyebut situasi yang sulit masih akan dihadapi tahun depan. Menurutnya, situasi tersebut memerlukan daya juang sebagai bangsa dan kerja keras agar mampu melewati masa sulit itu. 

"Kita tidak sendirian. 215 negara di dunia berada dalam kondisi seperti kita. Semua dalam kesulitan. Tapi kita juga harus menyadari, semua negara tengah berlomba-lomba untuk menjadi pemenang. Menjadi pemenang dalam pengendalian virus maupun menjadi pemenang dalam pemulihan ekonominya," jelasnya.

Dia menegaskan, sebagai bangsa besar, Indonesia harus tampil sebagai pemenang di masa sulit ini. Dia mengajak masyarakat tetap optimistis. "Kita harus mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan. Kita harus menjawab semua itu dengan inovasi dan karya nyata. Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi, dan berprestasi di tengah pandemi covid ini," tegasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengajak agar masyarakat menunjukkan ketangguhan sebagai bangssa Indonesia. Termasuk dalam memenangkan masa depan Indonesia. "Kita wujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa. Sebagai saudara sebangsa dan setanah air mari kita terus memperkokoh persatuan. Mari kita peduli dan berbagi untuk sesama. Mari kita tunjukkan bahwa kita bangsa yang kuat, bukan hanya mampu menghadapi tantangan tetapi bangsa yang memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan."(ist)


0 Komentar