Rabu, 01 Juli 2020 10:05 WIB

India Blokir 59 Aplikasi China Termasuk TikTok

Editor : Eggi Paksha
Aplikasi TikTok. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Akibat ketegangan perbatasan antara China dan India membesar di Ladakh di sepanjang Line of Actual Control (LAC) dengan China terus berlanjut, Pemerintah India telah memutuskan untuk melarang 59 aplikasi asal Cina, termasuk Tik Tok.

Itelijen India meminta pemerintahnya untuk memblokir 59 aplikasi asal China setelah terjadi konflik di wilayah perbatasan kedua negara.

Diantara daftar aplikasi yang ingin diblokir yaitu TikTok dan WeChat. Dikutip dari India TODAY, intelijen khawatir bahwa aplikasi tersebut dapat digunakan Tiongkok untuk mengekstrak data dalam jumlah besar dari penggunanya di India.

Hal itu dianggap mengganggu keamanan India. Seorang pejabat senior pemerintah mengatakan rekomendasi dari badan intelijen itu juga didukung oleh Sekretariat Dewan Keamanan Nasional India. "Diskusi mengenai rekomendasi terus berlanjut," kata seorang pejabat.

Pemerintah telah memutuskan untuk melarang penggunaan aplikasi ini baik di perangkat lunak Internet maupun Mobile. Dalam Siaran persnya pemerintah India mengumumkan larangan tersebut menyatakan: "Kementerian Teknologi Informasi, dengan ketentuan yang relevan dari Teknologi Informasi (Prosedur dan Perlindungan untuk Pemblokiran Akses Informasi oleh Publik) Peraturan 2009 dan mengingat sifat ancaman yang muncul telah memutuskan untuk memblokir 59 aplikasi karena mengingat informasi yang tersedia, mereka terlibat dalam kegiatan yang merugikan kedaulatan dan integritas India, pertahanan India, keamanan negara dan ketertiban umum ".

"banyak representasi yang menimbulkan kekhawatiran dari warga mengenai keamanan data dan risiko terhadap privasi yang berkaitan dengan pengoperasian aplikasi tertentu".(ist)


0 Komentar