Rabu, 01 Juli 2020 11:07 WIB

Kapolri Idham Sebut Pelaksanaan HUT Bhayangkara Diikuti 34 Polda dan 493 Polres

Editor : Eggi Paksha
Kapolri Jenderal Idham Azis ketika dilantik Presiden JokowI. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemandangan berbeda tampak pada Hari Bhayangkara ke-74 pada tahun ini.

Jika biasanya HUT Bhayangkara selalu diperingati dengan meriah, di lokasi yang luas, dan dihadiri oleh banyak orang, berbeda dengan kali ini.

Upacara peringatan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Idham Azis, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Peringatan kali ini dilakukan di Istana Negara dengan dihadiri tidak begitu banyak orang. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan Covid-19. Dimana semua orang yang hadir menjaga jarak dan menggunakan masker. Selain itu upacara ini juga diikuti secara virtual oleh berbagai satuan Polri di seluruh Tanah Air.

“Pelaksanaan HUT Bhayangkara pagi ini diikuti oleh 34 Polda dan 493 Polres. Kemudian seluruh Lemdik-Lemdik dan Pusdik yang ada di Indonesia. Baik SPN-SPN maupun Akpol, Secapa. Seluruhnya ikut,” kata Kapolri Jenderal Idham Azis di Istana Negara, Rabu (1/7/2020).

Upacara dimulai saat Presiden Jokowi memasuki area upacara. Kemudian dilanjutkan mengheningkan cipta. Disusul dengan pengucapan Tri Brata. Lalu pemberian penganugerahan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya kepada empat personel Polri dengan Keppres No 61 tk Tahun 2020.

Di antaranya Komandan Pusat Gegana Korps Brimob Polri, Brigjen Pol Reza Arif Dewanto, Analis Kebijakan Madya Bareskrim Polri Kombes Pol Indarto, Kaur Binopsnal Polres Metro Bekasi Kota AKP Elix Setiawati, Bintara Yanmun Denma Korp Brimob Polri Aipda Entis Sutardi.

Prosesi pemberian inipun tampak berbeda, yang mana tanda kehormatan sudah terpasang terlebih dahulu. Para penerima tanda kehormatan hanya perlu maju ke depan saat namanya dipanggil. Kemudian kembali ke tempat saat nama selanjutnya disebutkan.

Selanjutnya Presiden Jokowi menyampaikan amanat upacara. Pada kesempatan itu Presiden juga sempat berbincang dengan jajaran Polri secara teleconference.(ist)


0 Komentar