Jumat, 17 Juli 2020 19:00 WIB

Permintaan Pasar Jadi Peluang Baik bagi Industri Sepeda Nasional Pacu Produksi

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi bersepeda. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Perindustrian semakin serius mendorong pengembangan industri sepeda di Tanah Air agar bisa berdaya saing dan mampu memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor.

Hal itu seiring meningkatnya permintaan sepeda ditengah masyarakat. "Kebutuhan sepeda di dalam negeri melonjak signifikan di masa pandemi Covid-19, dengan mencapai lebih dari 8-9 juta unit, baik untuk sepeda dewasa maupun anak-anak," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Dia mengatakan tingginya permintaan pasar itu menjadi peluang yang baik bagi industri sepeda nasional untuk lebih memacu kapasitas produksinya. Apalagi, industri sepeda di dalam negeri yang telah memproduksi sepeda dan mengisi kebutuhan pasar nasional sejak 50 tahun yang lalu. "Kita melihat tren pembelian sepeda oleh masyarakat semakin besar, ini menjadi momentum yang sangat tepat bagi pabrikan untuk meraih pasar tersebut dengan menambah produksi," ujar dia.

Pihaknya juga optimistis produk sepeda akan semakin laris manis untuk memenuhi permintaan pasar domestik. Pihaknya juga menyatakan produk dalam negeri tidak kalah bersaing dengan sepeda impor. "Sepeda kelas ekonomi, hampir semua komponen itu bisa diproduksi dari pabrik ini sendiri," ujarnya.

Selain itu, perusahaan telah bekerja keras memenuhi lonjakan permintaan kosumen domestik, dengan menambah dua shift kerja. Bahkan produk lokal United banyak diminati oleh kosumen di Jerman."Artinya, industri kita mendapat kepercayaan tinggi di pasar Uni Eropa, yang kita ketahui mereka punya standar relatif tinggi," imbuhnya.

Pihaknya optimistis, dengan dukungan sumber daya manusia kompeten dan memanfaatkan teknologi modern, industri sepeda nasional mampu kompetitif di kancah global."Apalagi, anak bangsa kita punya kemampuan yang tinggi untuk memproduksi apapun, termasuk sepeda dan aksesorisnya," ujarnya.

Sebagai informasi, saat ini tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) untuk sepeda produksi industri nasional, telah mencapai 50-60 persen. Apabila salah satu komponen seperti gear sepeda bisa diproduksi dari dalam negeri TKDN akan meningkat sebesar 10%.(ist)


0 Komentar