Rabu, 26 Agustus 2020 15:36 WIB

Sri Mulyani Imbau Seluruh Pihak Tak Menyerah untuk Pulihkan Ekonomi Indonesia

Editor : Eggi Paksha
Menkeu, Sri Mulyani. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani mengajak, seluruh pihak agar tidak menyerah lebih dulu untuk memulihkan ekonomi Indonesia setelah sebelumnya diproyeksi bakal negatif sepanjang tahun.

Semangat optimistis juga ditularkan mantan direktur pelaksana bank dunia itu, bahwa ekonomi masih bisa pulih dengan mengandalkan konsumsi dan investasi.

"Jangan menyerah dulu, kita upayakan. Konsumsi kalau meningkat dan orang mulai kegiatannya, kita lihat mobility index itu bisa dengan kegiatan ekonomi konsumsi dan investasi bisa pulih," ujar Menkeu Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Sebelumnya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memproyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III/2020 akan berada di rentang minus 2% hingga 0%. Hal ini menjadi sinyal bahwa ancaman resesi semakin nyata. Ditambah pemerintah memperkirakan sepanjang tahun berada di kisaran minus 1,1% hingga positif 0,2%.

Lebih lanjut, Menkeu mengungkapkan kontraksi ekonomi yang terjadi pada kuartal ketiga masih cukup baik dibandingkan negara lainnya. Sementara itu sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pelaku UMKM untuk bersyukur atas kondisi yang ada. Di Indonesia, pengusaha kecil masih bisa berjualan kendati omzetnya turun. Sedangkan di negara lain kondisinya disebut lebih parah.

"Kalau dilihat pentingnya, tren kita itu kontraksinya minus 5,32% dan itu lebih baik dibandingkan negara lain. Yaitu kita naik bisa meningkat jauh lebih dekat dibandingkan negara lain yang kontraksinya double digit," jelas Menkeu.(bar)


0 Komentar