Senin, 31 Agustus 2020 22:57 WIB

KemenkopUKM Siap Akomodir Koperasi untuk Nelayan

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi nelayan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sebagai bentuk dukungan terhadap nelayan di masa pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) akan membuat konsep kemitraan antara koperasi nelayan dengan opteker.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan bahwa dengan konsep ini akan meningkatkan kegiatan ekonomi di sektor kelautan yang selama ini 96% dan akan lebih efisien dan produktif.

"Ini juga akan memudahkan kepastian pasar serta kepastian dalam pembiayaan. Koperasi di perikanan ini baru 2,4% dari 123.000 koperasi yang ada di Indonesia, jadi sekitar 2.000 koperasi yang ada di nelayan," Kata Teten.

Menurut Teten, ke depan kegiatan ekonomi di sektor kelautan ini tidak lagi dalam bentuk usaha orang perorangan melainkan dirinya akan mengajak nelayan berkoperasi dan bergabung dalam koperasi.


"Untuk itu kegiatan ini penting kita dukung. Sebab sektor kelautan merupakan salah satu sektor keunggulan ekonomi kita sekaligus untuk memperbaiki rantai perdagangan produk yang bisa di serap market yang lebih besar," ucapnya.

Sementara itu di tempat yang sama, praktisi perdagangan Enggartiasto Lukita menambahkan bahwa jika ingin meningkatkan ekonomi juga harus meningkatkan ekspornya. Hal ini menurutnya harus membuka akses pasar.


"Saya sampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi kita sudah positif dari sekian banyak di dunia salah satunya. Jadi salah satu potensi besar yang sudah dijalankan sebagai negara tujuan ekspor, kita juga harus membuka pasar yang lain," ujar mantan Menteri Perdagangan ini. 


Ditambahkannya, dengan membuka pasar sebesar-besarnya dikarenakan kekayaan laut Indonesia yang luar biasa dibanding negara lainnya. "Bagaimana kita memberdayakan ini dengan market yang sudah digitalisasi sehingga masyarakat sangat terbantu," kata Enggar.(snd)


0 Komentar