Senin, 31 Agustus 2020 23:10 WIB

Pemerintah Adakan Penganggaran Rp5 Triliun untuk Beli 30 Juta vaksin Corona

Editor : Eggi Paksha
Pedagang masker di kaki lima. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah terus berupaya untuk melakukan pengadaan vaksin corona yang melibatkan beberapa negara, dan bahkan sudah dimulai tahun ini hingga 2021.

Adapun, saat ini juga tengah dilakukan uji klinis vaksin buatan Sinovac Biotech di Bandung, Jawa Barat. Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, selain melakukan uji coba vaksin, pemerintah juga tengah berupaya untuk mengadakan anggaran untuk pengadaan vaksin tahun ini.


"Diharapkan di dalam tiga bulan terakhir ini pemerintah sudah mengadakan penganggaran sebesar Rp5 triliun yang bisa untuk membiayai 30 juta vaksin dan tahun depan diperkirakan akan ditingkatkan lagi," ujar Menko Airlangga dalam kampanye penggunaan masker di Kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Dalam acara tersebut, Ketua Umum Partai Golkar ini juga menekankan kepada masyarakat mengenai pentingnya pemakaian masker setidaknya sampai vaksin Covid-19 digunakan secara massal. "Tentu ini merupakan kegiatan yang diharapkan akan terus bergulir sepanjang Covid belum ditemukan vaksin yang digunakan secara massal," kata dia.

Airlangga menyampaikan, dengan memakai masker hal tersebut merupakan cara paling sederhana dan efektif untuk mencegah Covid-19, oleh karena itu, pemerintah mendorong agar masker-masker yang dipilih adalah masker yang mempunyai standar kesehatan.

"Ini kita dorong karena produksi nasional masker saat ini sudah bisa mencapai 17 juta per tahun sehingga demikian masker sudah tersedia dan masker harganya semakin murah," ucapnya.(ist)


0 Komentar