Kamis, 10 September 2020 13:15 WIB

Anies Undang Kepala Daerah Bodetabek untuk Lakukan PSBB Total

Editor : Eggi Paksha
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pemprov DKI Jakarta ingin PSBB total diberlakukan juga di daerah mitra atau Bodetabek untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di Jakarta.

Pimpinan daerah mitra akan diajak rapat untuk membahas hal tersebut. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di Jakarta, PSBB total harus dilakukan berbarengan dengan daerah mitra. Untuk itu, pihaknya akan mengundang pejabat atau pimpinan daerah seperti, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Banten, kemudian Wali Kota dan Bupati Bekasi, Wali Kota dan Bupati Bogor, Wali Kota Depok, Bupati dan Wali Kota Tangerang dan Tengerang Selatan untuk membahas hal ini dalam rapat yang akan diselenggarakan pada pukul 14.00 WIB hari ini, Kamis (10/9/2020).

"Kami akan sinkronkan pelaksanaan PSBB agar tidak hanya berlaku di Jakarta," kata Anies di Polda Metro Jaya, Kamis (10/9/2020)

Kendati demikian, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini masih enggan membeberkan secara rinci mengenai apa saja yang bakal dibahas dalam rapat ini. Dia akan memberikan penjelasan usai rapat nanti."Nah formatnya, isi policy dan lain-lain baru nanti akan dibahas jam 14.00 siang. Saya bisa menyampaikan bahwa nanti akan ada rapat. Nanti hasilnya akan kita sampaikan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta resmi menarik rem darurat PSBB transisi dan mengembalikan PSBB seperti pada masa sebelum transisi. Kondisi Pandemi Covid-19 di Jakarta saat ini dalam keadaan darurat.

Dalam evaluasi, PSBB Transisi yang diberlakukan sejak 5 Juni ternyata gagal mengendalikan penyebaran Covid-19. Peningkatan terus terjadi hingga menyentuh ribuan kasus dalam seminggu belakangan ini.

Di sisi lain, ketersedian Rumah Sakit dan lahan pemakaman khusus jenazah corona mulai menyusut. Seluruh Rumah Sakit di DKI yang menangani Covid-19 diprediksi penuh pada 17 September ini kalau PSBB total tidak diberlakukan, sedangkan TPU Pondok Rangon Jakarta Timur Diprediksi Penuh pada akhir Oktober Nanti.

Adapun, jumlah pasien positif Covid-19 di Jakarta bertambah 1.026 per Rabu (9/9/2020) kemarin. Dengan demikian jumlah akumulatif pasien positif Covid-19 di DKI Jakarta hingga hari ini adalah 49.837 orang.(ist)


0 Komentar