Selasa, 22 September 2020 11:20 WIB

Ahli Bedah Syaraf dan Kepala Tim Ferrari Beda Pendapat soal Kondisi Schumacher

Editor : Eggi Paksha
Michael Schumacher. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Legenda Formula One (F1), Michael Schumacher, dikabarkan tidak akan bisa pulih total dari cedera yang menimpanya saat bermain ski di Pegunungan Alpen, 2013 lalu.

Pernyataan tersebut disampaikan ahli bedah syaraf terkenal, Erich Riederer. Sejak mengalami kecelakaan terjatuh dari papan ski, Schumacher masih belum menunjukkan tanda-tanda pulih. Cedera parah pada bagian otaknya, setelah kepalanya terbentur batu, ternyata membuat lumpuh dalam tujuh tahun terakhir.

Dia pun harus menjalani perawatan dan tak pernah muncul lagi di depan publik. Pihak keluarga juga menutup rapat informasi tentang mantan pembalap Ferrari tersebut. Kondisi itu pun membuat banyak orang yang buta tentang kondisi terbaru Schumacher dan efeknya banyak kabar simpang siur.

Namun, Riederer mengungkapkan bahwa Schumacher hampir mustahil bisa pulih total setelah kecelakaan parah yang dialaminya, meskipun tetap bisa melakukan beberapa hal dasar, salah satunya menonton televisi.

“Saya rasa kondisinya saat ini sudah sadar, namun tidak bisa memberi respons. Dia (Schumacher) tetap bernapas, jantungnya masih berdetak, dan berjalan dengan bantuan, tapi sebatas itu saja. Itulah kegiatan terbaik yang bisa Schumacher lakukan. Mungkinkah ada peluang dia bisa kembali ke kondisi sebelum kecelakaan? Saya rasa kemungkinannya tidak ada,” ujar Riederer dilansir foxsport.

Sejak kecelakaan itu, hanya ada sedikit informasi tentang kesembuhannya. Pada Juni 2014, Schumacher sempat sadar kembali dan meninggalkan rumah sakit Grenoble untuk rehabilitasi lebih lanjut di rumah sakit universitas di Lausanne, Swiss. Pada September tahun itu, dia meninggalkan rumah sakit Swiss untuk melanjutkan pemulihannya di rumah sampai sekarang.

Pada November, Schumacher dipastikan lumpuh dan akan selalu berada di kursi roda. Dia juga tidak bisa berbicara dan tidak bisa mengingat sesuatu. Kondisi itu membuat Riederer merasa Schumacher akan sulit kembali ke kondisi semula.

Namun, pernyataan dari Riederer ini sendiri sedikit bertolak belakang dari pengakuan salah satu teman baik Schumacher, yakni Jean Todt yang sering menjenguk ke rumah sakit. Dia menjadi segelintir orang yang diizinkan untuk melihat Schumacher yang dirawat oleh istrinya Corinna dan kedua anaknya, Gina-Marie dan Mick.

“Dia sedang berjuang di tengah ketidakberuntungannya saat bermain ski. Dia beruntung memiliki istri dan anak yang setia menemani sambil berharap ia segera pulih total. Yang bisa saya lakukan hanyalah berada dekat dengan mereka sampai saya bisa melakukan sesuatu, lalu saya akan melakukannya,” katanya.

Todt merupakan salah satu orang yang membantu Schumacher meraih kesuksesan di F1. Semasa aktif menjadi pembalap F1, dia merupakan kepala tim Ferrari yang sekaligus membimbing Schumacher meraih tujuh gelar juara dunia.(ist)


0 Komentar