Rabu, 21 Oktober 2020 16:19 WIB

RUPSLB Bank Mandiri Tunjuk Darmawan Junaidi Jadi Dirut

Editor : Eggi Paksha
Darmawan Junaidi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Darmawan Junaidi resmi ditunjuk menjadi Direktur Utama (Dirut) Bank Mandiri yang baru dari hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) hari ini.

Sosoknya bukan orang asing bagi perseroan, Ia sebelumnya menjabat sebagai Direktur Treasury, International Banking, and Special Asset Management Bank Mandiri sejak Agustus 2017. Pria berusia 53 tahun itu memang lebih banyak berkecimpung di bidang treasury.

Sejak merger Bank Mandiri pada 1999, Darmawan mendapat penugasan sebagai Group Head Treasury Bank Mandiri pada 2016. Adapun di luar treasury, dia pernah bertugas sebagai Regional CEO Bali & Nusa Tenggara Bank Mandiri pada 2015.

Pada RUPS Bank Mandiri Desember 2019, Darmawan ditunjuk sebagai Direktur Treasury, International Banking, & Special Asset Management, yang juga bertanggung jawab atas upaya penyelesaian kredit bermasalah (loan recovery), masalah hukum (legal), dan penyediaan solusi transaction banking wholesale segment.
 

Selain di Bank Mandiri, pada 2016 hingga 2017 Darmawan sempat ditugaskan sebagai Direktur Keuangan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Bahkan, dia sempat menjabat sebagai Plt. Direktur Utama pada perusahaan semen pelat merah itu pada periode Mei-Agustus 2017.

Jabatan Komisaris Utama PT Semen Kupang Indonesia juga pernah diemban sejak November 2016 hingga Agustus 2017. Secara akademis, Darmawan menyelesaikan pendidikan di Bidang Hukum Perdata, Universitas Sriwijaya pada 1990. Kemudian dia mengasah ilmu melalui sejumlah executive training seperti Developing Strategy for Value Creation dari London School of Business.

Selain itu, leadership dan solid team development skills juga diperoleh melalui The University of Chicago Booth School of Business hingga Northwestern University, Chicago.

Dengan terpilihnya Darmawan, berarti menggeser dua kandidat lain yang sebelumnya disebut-sebut bakal mengisi kursi orang nomor satu bank berkode saham BMRI itu. Mereka adalah Hery Gunadi yang saat ini menjabat Wadirut Bank Mandiri dan Ahmad Siddik Badruddin, Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri.(mir)


0 Komentar