Kamis, 12 November 2020 21:03 WIB

HUT Ke-44 KKSS Ketua Umumnya Pimpin Ziarah Ke TMP Kalibata dan Penyerahan Bansos

Editor : A. Amir
Ketua Umum Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Muchlis Patahna memimpin rombongan pengurus dan warga KKSS ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/11/2020).

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketua Umum Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Muchlis Patahna memimpin rombongan pengurus dan warga KKSS ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/11/2020). 

Ziarah kemakam pahlawan sudah menjadi agenda rutin tiap tahun dalam rangkaian kegiatan menyambut hari ulang tahun KKSS ke-44 tanggal 12 November 2020 sekaligus memperingati Hari Pahlawan 10 November.

Muchlis Patahna beserta pengurus pusat yang turut hadir: Wakil Ketum Jumrana Salikki, Sekjen Abdul Karim, Bendahara Umum Sri Asri Wulandari, Ketua dan Sekretaris Panitia Ali Duppa dan Ophan Lamara, Sekretaris Departemen Kerohanian Aprial Hasfah, Ketua Departemen Kelembagaan dan Organisasi Tony A. Hamzah dan beberapa warga KKSS lainnya.

Rombongan KKSS melakukan ziarah kebeberapa pusara para pahlawan dan mendoakannya termasuk tokoh nasional asal Sulsel yang dimakamkan di TMP Kalibata, diantaranya: BJ. Habibie, Baharuddin Lopa, A, Baramuli dan Andi M. Ghalib.

Penyerahan Bansos

Selain ziarah ke TMP, di hari ulang tahun KKSS itu, rombongan pengurus pusat KKSS juga mengadakan bakti sosial berupa pembagian sembako kepada warga Jakarta yang kurang berkemampuan. Ketum BPP, Muchlis secara simbolik menyerahkan bantuan sosial sebanyak 500 paket kepada Ketua BPW KKSS DKI Jakarta Syamsul Zakaria.

"Semoga bantuan ini bisa berguna bagi warga yang membutuhkan," ucap Muchlis.

Selanjutnya Ketua BPW membagikan kepada Ketua BPD se-DKI Jakarta:

  1. KKSS Jakarta Utara - 100 Paket
  2. KKSS Jakarta Pusat - 100 Paket
  3. KKSS Jakarta Selatan - 100 Paket
  4. KKSS Jakarta Timur - 100 Paket
  5. KKSS Jakarta Barat - 100 Paket.
  • Isi paket sembako: Beras, Minyak Goreng, Makanan Kaleng, Gula Pasir dan Kecap Manis.

Saat penyerahan bansos, Muchlis Patahna mengutarakan: "Meskipun saat ini aktivitas masyarakat masih terbatas karena pandemi Covid-19, namun semangat solidaritas warga KKSS sangat kuat dalam menghadapi berbagai tantangan,"

"Termasuk tantangan Covid-19 ini. Karena itu, tema peringatan HUT ke-44 KKSS tahun ini: "KKSS Untuk Negeri". Itu berdasarkan eksistensi warga KKSS yang berada di seluruh penjuru Tanah Air sampai di luar negeri," jelas Muchlis Patahna. 

Perantau asal Sulawesi Selatan, memang bertebaran di mana-mana. Membangun kehidupan dimanapun bermukim, membangun solidaritas sesama perantau asal Sulsel maupun dengan warga sekitar mereka berada" beber Muchlis.

"Itulah spirit KKSS untuk Negeri, jadi KKSS bukan sekadar paguyuban kedaerahan semata tetapi ada misi nasionalisme membangun kebangsaan," ujarnya. 

Adapun menurut Ketua Panitia HUT ke-44 KKSS, Ali Duppa, puncak peringatan HUT KKSS kali ini akan dilaksanakan di Senayan Golf Club pada hari Ahad 15 November. Dimulai dengan golf bersama warga KKSS yang digelar Makassar Golf Club Jakarta.

"Akan ada juga pemberian penghargaan kepada beberapa pendiri dan Ketua KKSS periode sebelumnya," ucapnya.

Mantan Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, M. Yusuf Kalla yang juga Ketua Dewan Kehormatan KKSS juga dijadwalkan hadir dan ikut golf bersama dengan sekitar 90 golfer warga KKSS. 

Sekretaris Panitia HUT Ophan Lamara ikut menerangkan, sebelum sampai pada puncak acara peringatan hari jadi itu, berbagai kegiatan telah dilaksanakan. Baik oleh BPP, maupun BPW serta Badan Perwakilan Luar Negeri KKSS. 

"BPP maupun panitia HUT sangat mengapresiasi antusiasme pengurus dan warga KKSS di berbagai daerah dan luar negeri dalam berpartisipasi menggelar kegiatan yang dirangkaikan dengan hari jadi KKSS," ucap Ophan mengakhiri.


0 Komentar