Selasa, 08 Desember 2020 14:33 WIB

Prioritaskan Tenaga Kesehatan, Bio Farma Alokasikan 508 Vaksin untuk Pengujian Mutu Bareng BPOM

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi vaksin corona. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Direktur Utama PT Bio Farma, Honesti Basyir mengungkapkan pihaknya akan mengalokasikan sebanyak 508 vaksin dari 1,2 juta vaksin corona sinovac yang telah datang pada 6 Desember lalu untuk pengujian mutu bersama dengan badan pengawas obat dan makanan (BPOM).

Honesti mengatakan, sebagai holding BUMN Farmasi, bio farma memang mendapat penugasan dari pemerintah khususnya dalam menyediakan vaksin Covid-19 untuk masyarakat.

"Dan juga untuk tahap awal vaksin yang akan masuk ya, dan juga sudah masuk memang akan diprioritaskan pada tenaga kesehatan," ungkapnya dalam update 'Perencanaan Distribusi dan Quality Control Vaksin Covid-19' yang digelar secara virtual, Selasa (8/12/2020)

"Semoga dengan hadirnya vaksin Covid-19 ini untuk tenaga kesehatan bisa memberikan keamanan dan perlindungan bagi mereka yang berhadapan langsung dengan pasien Covid-19," jelas Honesti.


Saat ini, pemerintah berupaya untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kesehatan dan front liner dengan memberikan vaksin corona. "Tentunya pemberian ini akan diberikan setelah mendapatkan izin penggunaan darurat atau yang kita kenal dengan emergency use authorization dari Badan POM," ujarnya.

Honesti menegaskan, pihaknya akan menyiapkan sebanyak 3 juta vaksin Covid-19 dari Sinovac. "Bio farma akan menyiapkan sebanyak 3 juta dosis vaksin corona dari sinovac. Dari total 3 juta dosis, kami telah menerima pada tanggal 6 Desember yang lalu, sebanyak 1,2 juta dosis kemasan single dose."

Dari total yang telah diterima 1,2 juta atau tepatnya 1.200.568 vial atau botol vaksin, kata Honesti, sebanyak 508 vial akan digunakan untuk pengujian mutu. "Total vaksin yang kami terima kemarin itu adalah sebesar 1.200.568 vial. 508 vial ini akan dialokasikan untuk dilakukan pengujian mutu yang akan dilakukan bersama oleh Biofarma maupun di badan POM," tegasnya.

Selain itu, Honesti mengatakan, Bio Farma sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh pemerintah, serta berbagai pihak seperti kementerian dan lembaga, maupun swasta.

"Dan juga terima kasih kepada Polri yang sedang melakukan pengamanan, mulai berdatangan di Cengkareng sampai di tempat proses produksi kami di Bandung. Karena berkat dukungan dari berbagai pihak proses kedatangan perdana vaksin Covid-19 ini berjalan lancar," kata Honesti.(mir)


0 Komentar