Senin, 21 Desember 2020 11:38 WIB

Amin Sebut ASN yang Berintegritas adalah Salah Satu Formula Cegah Korupsi

Editor : Eggi Paksha
Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin mengatakan bahwa keberhasilan reformasi birokrasi sangat ditentukan oleh sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berintegritas.

Menurutnya, aparatur sipil negara (ASN) yang berintegritas adalah salah satu formula mencegah terjadinya korupsi.

"Integritas lembaga maupun aparat harus dijaga dan ditegakkan sebagai formula untuk mencegah terjadinya korupsi yang sangat merugikan negara. Karena (korupsi) mengakibatkan melambatnya pertumbuhan ekonomi, menurunnya daya saing dan investasi, meningkatnya kemiskinan dan ketimpangan pendapatan," katanya dalam acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2020, Senin (21/12/2020).

Pada kesempatan itu, Amin mengingatkan kriteria-kriteria integritas ASN sebagaimana yang diatur di dalam UU No.5/2014. Pertama, kejujuran. "Pegang kuat sebagai suatu nilai dasar dan filosofi yang harus dimiliki, diyakini, dan diimplementasikan dalam setiap pelaksanaan tugas," ujarnya.

Kedua, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Dia meminta agar ASN menunjukkan komitmen untuk patuh, didukung sikap moral, dan tanggung jawab. "Ketiga, kemampuan bekerja sama. Tingkatkan kerja kolaboratif dan profesionalisme untuk menghasilkan kinerja terbaik," tuturnya

Keempat, pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Dia meminta agar ASN memberikan layanan yang terbaik dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau kelompok.

"Setiap ASN harus memiliki komitmen untuk membangun budaya integritas. Tanpa integritas yang kuat, akan sulit bagi ASN untuk mengatasi tekanan, ancaman, dan kesempatan melakukan kecurangan atau pelanggaran," pungkasnya.(mir)


0 Komentar