Selasa, 12 Januari 2021 17:45 WIB

Santos Jaya Abadi Tegaskan Selalu Patuhi Protokol Kesehatan dan Ajak Optimis Hadapi Pandemi

Editor : Yusuf Ibrahim
PT. Santos Jaya Abadi saat memberikan sejumlah bantuan untuk membatu mengatasi pandemi. (foto istimewa)

KARAWANG, Tigapilarnews.com- PT. Santos Jaya Abadi (SJA) – selaku produsen Kopi Kapal Api- mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan sehingga bersama-sama bisa melewati pandemi Corona atau Covid-19.

Imbauan tersebut diutarakan General Manager Operational, PT. SJA, Novilia Astan. Selain itu, Novilia menegaskan jika pihaknya juga ingin meluruskan pemberitaan tentang karyawan PT. SJA yang positif Covid.

Dikatakannya, mengenai pemberitaan di media massa tentang 71 karyawan PT. SJA yang positif Covid-19, dapat disampaikan bahwa saat ini terdapat 25 orang karyawan yang sedang menjalani isolasi mandiri (dengan status Individu Tanpa Gejala).

“Kepada Bupati Karawang (Cellica Nurrachadiana) yang berkunjung ke pabrik pada Jumat (8/1) telah pula disampaikan bahwa perusahaan sudah melakukan tracking dan tracing terhadap 25 karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan terhadap seluruh karyawan yang kontak erat dengan karyawan tersebut. Kami lakukan testing menggunakan rapid tes dan dilakukan PCR test terhadap hasil rapid test yang reaktif. Seluruh area kerja karyawan tersebut juga telah dilakukan sterilisasi secara berulang kali,” tegas Novi- sapaan Novilia Astan, kepada para wartawan, Selasa (12/1/2021).

“Untuk 25 karyawan kami yang terkonfirmasi positif Covid sesuai arah Bupati mulai Jumat (8/1) malam, sudah kami lakukan isolasi mandiri di hotel di daerah Karawang,” imbuhnya.

Lebih jauh disampaikannya, sedangkan bagi keluarganya juga melakukan penanganan dengan melakukan swab antigen. Ke-25 karyawan yang isolasi mandiri di hotel juga sudah diberikan obat-obatan, vitamin, antioksidan dosis tinggi, serta disiapkan tenaga medis untuk memantau kesehatan mereka selama menjalani isolasi mandiri.

“Selain itu juga telah dilakukan tracing dan tracking kontak untuk memastikan semua dalam kondisi aman,” katanya lagi.

Hal ini, ditegaskanya, juga telah sesuai dengan ketentuan tracking tracing yang ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi pandemi, PT. Santos Jaya Abadi telah melakukan bantuan berupa pengiriman masker senilai Rp60 juta untuk para TKI di Hong Kong. Lalu, pada pertengahan Maret 2020 telah mengirimkan bantuan berupa 1 kontainer antioksidan dosis tinggi.

“Saat Covid-19 mulai merebak di Indonesia, PT. Santos Jaya Abadi, Februari telah bergerak cepat dengan membentuk squad Gugus Tugas melawan Covid 19, yang berkerja independen dari management PT. Santos Jaya Abadi karena bagi kami Kesehatan dan keselamatan karyawan merupakan prioritas pertama kami.

Demi menjaga physical distancing dan pembangunan infrastruktur yang mengacu pada protokol kesehatan Covid-19, perusahaan melakukan partial WFH,” paparnya.

“Jauh sebelum pandemi, video cofference sudah menjadi keseharian kami. Serta membagikan thermometer badan kepada seluruh karyawan agar mereka bisa memonitor suhu tubuhnya secara mandiri. Kami juga mengembangkan aplikasi online Cek Kesehatan Mandiri (CKM). Setiap hari, setiap karyawan di wajibkan melaporkan kondisi kesehatannya secara online sebelum mereka masuk kerja. Bahkan melaporkan bila sempat contact dengan siapapun yang terpapar Covid-19.

Panduan, anjuran dan ketentuan protokol kesehatan yang diberikan Kemenkes menjadi SOP dasar dari Gugus Tugas dalam melaksanakan amanahnya,” jelansya.

Langkah-langkah pengamanan, dipastikan pihaknya juga telah dilakukan. Baik untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para karyawan dan keluarganya, maupun memastikan tidak terdapat dampak negatif terhadap kepastian distribusi, sistem ekonomi dan finansial.

“Kami menyadari bahwa produk-produk Kopi Kapal Api merupakan bagian penting dari keseharian konsumen. Karena itu kami pastikan bahwa seluruh produk Kapal Api diproduksi melalui proses produksi yang memenuhi semua standar kualitas dan keamanan pangan dan terhadap karyawan kami juga menerapkan standart kesehatan dan keselamatan kerja,” urainya.

Sebagai catatan, Santos Jaya Abadi sudah memiliki sertifikasi ISO 9001, ISO 22000 dan Sertifikasi Halal sehingga dipastikan aman untuk dikonsumsi pelanggan.

Para pelanggan setia Kopi Kapal Api dapat tetap menikmati kehangatan secangkir kopi Kapal Api agar tetap bersemangat dan optimis menghadapi masa pandemi ini.

Dalam upaya untuk memastikan proses produksi yang sesuai dengan protokol Kesehatan, perusahaan memberlakukan pembatasan wilayah kerja karyawan, sehingga hanya karyawan terkait saja yang boleh masuk ke area tersebut.

Karyawan yang bekerja di area produksi harus mengenakan APD wajib seperti sarung tangan topi kerja, masker dan face shield. Proses produksi juga dilakukan secara otomatisasi sehingga tidak bersentuhan langsung dengan karyawan dibagian produksi. Seluruh area produksi, baik tempat bekerja maupun mesin akan disterilisasi di setiap akhir shift. “Kami dengan setia menyediakan secangkir semangat bagi masyarakat Indonesia. Kita percaya pada motto ‘Together we can’,” tutupnya.


0 Komentar