Rabu, 24 Februari 2021 20:16 WIB

DKI Kendalikan air dengan Revitalisasi dan Bangun Polder Baru

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi banjir di Jakarta. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Yusmada Faizal baru saja dilantik menggantikan Juaini Yusuf sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta.

Anak buah Anies Baswedan itu menjelaskan berbagai strategi dalam menghadapi bencana banjir yang kerap merendam Ibu Kota. “Kita mengendalikan air yang datang ke Jakarta dan merevitalisasi polder-polder serta membangun polder baru,” ujar Yusmada, Rabu (24/2/2021).

Dia juga bakal membangun waduk dan setu sebagai tempat penampungan air ketika hujan dengan intensitas tinggi melanda Jakarta. Pihaknya juga akan mengerjakan program vital seperti normalisasi dan naturalisasi.

Jika ditelisik lebih jauh program-program yang disebutkan tadi sebetulnya sudah banyak dikerjakan pada masa kepemimpinan Juaini. Intinya tidak ada program atau gebrakan baru yang dibawa Yusmada. “Akan kita bangun terus aliran dari hulu kita akan coba kendalikan debitnya melalui pembangunan waduk-waduk. (Ancaman banjir rob) kita akan bangun tanggul pantai meneruskan yang tahun kemarin,” tuturnya.


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggeser posisi Juani Yusuf menjadi Wakil Wali Kota Jakarta Utara. Padahal, Pemprov DKI mengklaim sudah mengalami kemajuan pesat dalam penanganan banjir di Ibu Kota pada tahun ini jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan, banjir tahun ini diklaim langsung surut setelah enam jam. Lokasi yang terdampak juga mulai berkurang. Ini berimbas pada jumlah pengungsi dan korban jiwa yang lagi-lagi disebut sudah merosot jauh ketimbang banjir pada tahun-tahun sebelumnya.(mir)


0 Komentar