Rabu, 31 Maret 2021 13:34 WIB

420 Ton Daging Sapi Brasil Masuk Sebelum Lebaran

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com-Kebijakan pemerintah mengimpor daging sapi dari sejumlah negara untuk kebutuhan konsumsi saat Ramadhan dan Idul Fitri 2021 perlahan direalisasikan.

Saat ini, impor daging sapi yang masuk ke Indonesia tercatat ada 19 kontainer. Ketua Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) Asnawi menyebut, ke-19 kontainer berisi daging sapi itu berasal dari Brasil.

Saat ini daging impor sudah tiba di Pelabuhan Pandegiling, Surabaya, Jawa Timur. Informasi ini diperoleh APDI dari sejumlah kementerian, termasuk PT Berdikari (Persero) selaku badan usaha yang ditugaskan pemerintah untuk melaksanakan impor daging sapi. 

"Untuk saat ini, keterangan setelah kami bertemu beberapa Kementerian termasuk Dirut PT Berdikari Pak Harry, bahwa saat ini daging dari Brasil sudah masuk ke Indonesia, sudah sandar di pelabuhan Pandegiling sebanyak kurang lebih 29 box container," ujar Asnawi dalam sesi wawancara dengan IDX Channel, Rabu (31/3/2021).

Langkah impor akan terus dilakukan pemerintah hingga memenuhi standar kebutuhan yang ditetapkan. Dalam kajian pihaknya, Asnawi mencatat, tingkat konsumsi daging sapi saat Ramadhan dan Idul Fitri sangat tinggi.

Untuk tiga provinsi seperti DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat tingkat konsumsi daging sapi saat momentum sakral umat Islam itu mencapai 60% dari tingkat konsumsi nasional.

"Kita berbicara kebutuhan tiga provinsi. Saat ini Jakarta, Banten termasuk Jabar adalah daerah tingkat konsumsi tertinggi secara nasional, yaitu 60 persen dari tingkat konsumsi yang ada," kata dia.

Semenara, APDI harus menyediakan stok yang bisa didistribusikan ke sejumlah daerah. Dalam catatan Asnawi, H-2 Ramadhan hingga H-4 Idul Fitri, pihaknya membutuhkan 46.758 ton yang terdiri dari dua unsur. Unsur pertama, sapi siap potong sebanyak 114.350 ekor. Sedangkan unsur kedua adalah daging beku 26.740 ton.

Pemerintah telah menugaskan kepada PT Berdikari untuk melakukan impor daging sapi dari Brasil. Daging impor akan didatangkan secara bertahap hingga Desember 2021 mendatang. Direktur Utama PT Berdikari, Harry Warganegara mengatakan, ada sekitar 420 ton daging sapi Brasil yang akan masuk sebelum Lebaran.(mir)


0 Komentar