Rabu, 07 April 2021 13:24 WIB

Kecukupan Zat Besi Sangat Penting Cegah Anemia, Berikut Daftar Makanannya

Editor : Yusuf Ibrahim
Ikan juga banyak mengandung protein, omega-3, B3, selenium, dan vitamin B12. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnewscom-Saat ini sekitar 2,3 miliar orang menderita anemia di mana satu dari dua penderita mengidap anemia karena defisiensi zat besi (IDA) dan mengalami gejala seperti sering kelelahan, pusing, pucat, dan gangguan kekebalan tubuh yang memengaruhi kualitas hidup dan produktivitas.

Asia Tenggara dan Afrika memiliki tingkat prevalensi anemia tertinggi yang mewakili 85 persen dari kasus yang dilaporkan secara global.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesda) 2018 menunjukkan adanya peningkatan prevalensi anemia sebesar 38,5% pada kelompok usia 0-59 bulan, 32% peningkatan pada kelompok usia 15-24 tahun, 27,2% pada wanita dan 48,9% pada wanita hamil.

Untuk mencegah anemia, kecukupan zat besi sangatlah penting dan Anda bisa mendapatkan zat besi dari beragam makanan. Berikut daftar makanan kaya zat besi dikutip dari berbagai sumber.

1. Daging merah

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi cukup daging merah, memiliki peluang lebih kecil untuk mengalami kekurangan zat besi. Seperti diketahui, di dalam 100 gram daging merah tanpa lemak, terkandung sekitar 2 miligram zat besi.

2. Kerang-kerangan

Kerang-kerangan, seperti tiram, abalone dan remis, juga termasuk salah satu makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi. Di dalam 100 gram kerang, setidaknya terkandung 3 miligram zat besi.

3. Ikan

Beragam jenis ikan, seperti ikan tuna, salmon, sarden, ikan kembung, atau merupakan makanan yang kaya akan zat besi. Selain itu, ikan juga banyak mengandung protein, omega-3, B3, selenium, dan vitamin B12.

4. Hati

Di dalam sekitar 100 gram hati, terkandung sekitar 6,5 miligram zat besi. Tak hanya kaya akan zat besi, makanan ini juga mengandung vitamin B, selenium, dan kolin. Namun hati merupakan makanan tinggi kolesterol, batasi asupannya dengan konsumsi secukupnya.

 

0 Komentar