Rabu, 14 April 2021 00:06 WIB

Masjid Istiqlal Gelar Salat Tarawih Kedua dengan Protokol Kesehatan Ketat

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat, menggelar Salat Tarawih kedua dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Masih sama seperti malam pertama, jamaah dibatasi 30 persen atau 2 ribu orang. "Kami buka hanya 30 persen dari kapasitas yang tersedia," ucap Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar kepada wartawan, Selasa (13/4/2021).

Berdasarkan pantauan di lokasi, hanya satu pintu yang dibuka yaitu pintu Al-Fattah atau di seberang Gereja Katedral Jakarta. Jamaah wanita dan pria pintu masuknya berbeda.

Terlihat pula dimasing-masing pintu masuk terdapat dua orang petugas untuk cek suhu tubuh dan juga menyediakan handsanitizer. Ada petugas yang mengarahkan jamaah langsung ke ruang utama Masjid Istiqlal.

"Kami menaruh petugas pengatur shaf, agar tidak terjadi penumpukan jamaah," jelasnya.

Perlu diketahui hanya ruang utama yang dipergunakan untuk ibadah Salat Tarawih berjamaah. Terlihat pula badan pengelola Masjid Istiqlal telah mengatur jarak 1,5 meter antarjamaah.

"Kita hanya gunakan ruang utama, koridor tidak dipergunakan," pungkasnya.

Selain itu untuk tempat wudhu maupun daerah lainnya juga diawasi sehingga tetap kondusif dan tidak terjadi kerumunan. Protokol kesehatan pun berjalan dengan tertib.

Diberitakan sebelumnya, Masjid Istiqlal juga tidak menggelar buka puasa bersama serta itikaf. Adapun tujuannya tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tidak membuat kerumunan.(kah)


0 Komentar