Senin, 19 April 2021 15:09 WIB

BPTD X Wilayah Jateng-DIY Buka Pelayanan GeNose C-19 di Terminal Tingkir untuk Antisipasi Penyebaran Covid-19

Editor : Eggi Paksha
Pelayanan pemeriksaan GeNose C-19. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com-Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) X Wilayah Jateng-DIY membuka pelayanan pemeriksaan GeNose C-19 di Terminal Tingkir, Salatiga. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga Sidqon Effendi menyatakan, pelayanan GeNose C19 di Terminal Tingkir saat ini dalam taraf uji coba. Pemeriksaan GeNose diberlakukan bagi penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). 

"Uji coba pemeriksaan GeNose di Terminal Tingkir dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 10.00 WIB. Ini sudah berlangsung sekitar satu pekan. Penumpang bus AKAP yang hendak berangkat ke kota tujuan, harus menjalani pemeriksaan GeNose," katanya saat dihubungi, Senin (19/4/2021).

Menurutnya, selama uji coba, pemeriksaan GeNose tidak berbayar. Pemeriksaan ini diterapkan kepada semua penumpang bus AKAP yang naik dari Terminal Tingkir. "Kami turut melakukan pengawasan terhadap penumpang bus AKAP dan lainnya. Pengawasan kami tekankan pada penerapan protokol kesehatan penumpang, awak angkutan dan armada," ujarnya.

Terkait antisipasi penyebaran Covid-19 pada momen mudik Lebaran, Sidqon menyatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Korsatpel Terminal Tipe A Tingkir. Setiap hari juga dilakukan pemeriksaan protokol kesehatan bagi penumpang Bus AKAP baik suhu, masker dan tes GeNose. "Selanjutnya juga dilakukan pendataan penumpangnya serta pemeriksaan persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan bus dengan melakukan ramp check di terminal," tandasnya.(mir)


0 Komentar