Senin, 10 Mei 2021 10:46 WIB

Arab Saudi Gelar Ibadah Haji dengan "Kondisi Khusus" untuk Lindungi para Jamaah dari Covid-19

Editor : Yusuf Ibrahim
Pemeriksaan protokol kesehatan. (foto istimewa)

RIYADH, Tigapilarnews.com - Arab Saudi memutuskan tetap menggelar ibadah haji tahun ini dengan "kondisi khusus" untuk melindungi para jamaah dari COVID-19.

Keputusan itu disampaikan juru bicara Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi pada hari Minggu (9/5/2021). "Otoritas kesehatan di Kerajaan terus menilai situasi dan mengambil semua tindakan untuk memastikan keamanan semua," kata juru bicara kementerian tersebut dalam konferensi pers yang dilansir Al Arabiya.

Dia juga mengatakan rincian lebih lanjut tentang rencana operasional haji tahun ini akan diumumkan di lain waktu. Tak dijelaskan secara rinci apakah jamaah Muslim yang diizinkan menunaikan ibadah haji hanya yang bermukim di Arab Saudi saja atau dibolehkan juga untuk jamaah dari luar negeri.

Tahun lalu, Kerajaan Arab Saudi hanya mengizinkan sejumlah kecil dari mereka yang tinggal di negara itu dan yang memenuhi kriteria tertentu untuk berpartisipasi dalam haji, yang merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan diwajibkan bagi Muslim yang mampu setidaknya sekali seumur hidup mereka.

Menurut Kementerian Haji dan Umrah, mereka yang berhasil memenuhi kriteria dipilih secara acak melalui sistem undian otomatis, tanpa keterlibatan manusia.

Kelompok tersebut diharuskan mengisolasi diri di rumah tujuh hari sebelum tiba di Makkah, sebagai bagian dari persyaratan untuk ikut menunaikan ibadah haji. Para peserta kemudian dikarantina di hotel yang ditentukan hingga dimulainya ritual haji.

Jemaah diangkut dalam kelompok yang ditentukan setiap hari sementara setiap 50 orang didampingi oleh seorang pemimpin kesehatan untuk memastikan langkah-langkah keamanan termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak sosial dilaksanakan setiap saat.(kah)


0 Komentar