Jumat, 28 Mei 2021 08:58 WIB

Ronaldo Jadi Pemain Pertama yang Menangkan Sepatu Emas di Liga Premier Inggris, LaLiga Spanyol dan Serie A Italia

Editor : Yusuf Ibrahim
Cristiano Ronaldo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Cristiano Ronaldo kembali membuat sejarah. Dia menjadi pemain pertama yang memenangkan Sepatu Emas di Liga Premier Inggris, LaLiga Spanyol dan Serie A Italia.

Megabintang asal Portugal itu membuat sejarah lagi di tengah musim yang sulit saat merumput bersama Juventus di Serie A musim ini. Kendati Juventus hanya finis di posisi keempat, Ronaldo, bagaimanapun, tetap produktif - mencetak 29 gol dalam 33 pertandingan Serie A.

Meski diistirahatkan saat Juve mencatat kemenangan krusial 4-0 di hari terakhir atas Bologna, CR7 masih bisa finis dengan nyaman di atas penantang terdekatnya, Romelu Lukaku dan Luis Muriel. Pemain Belgia dan Kolombia itu masing-masing mencetak 24 dan 22 gol.

Musim ini menandai kelima kalinya Ronaldo, 36, memenangkan trofi Sepatu Emas di liga. Dia pertama kali mendapatkannya di Inggris, ketika dia mencetak 31 gol Liga Premier selama musim 2007-08, juga memenangkan gelar, Liga Champions dan Ballon d'Or tahun itu.

Kepindahannya ke Real Madrid mengawali kompetisi tahunan dengan Lionel Messi untuk memperebutkan Sepatu Emas Spanyol. Keduanya membawa gol produktif ke level baru, dengan Ronaldo berhasil memenangkan trofi 'el Pichichi' Spanyol pada 2011, 2014 dan 2015. Butuh 40 gol untuk memenangkan yang pertama di tahun 2011, dan penghitungan di musim berikutnya yaitu 46 dan 34 bahkan tidak cukup untuk mengalahkan Messi.

Pada 2014 ia merebut kembali mahkotanya dengan 31 gol, kemudian mempertahankan el Pichichi tahun berikutnya dengan 48. Setelah kembali dihajar oleh Luis Suarez dan Messi, Ronaldo pindah ke Italia pada 2018. Tapi dia gagal memenangkan Sepatu Emas di salah satu dari dua musim pertamanya, dikalahkan oleh Fabio Quagliarella pada 2019 dan Ciro Immobile terakhir kali.

Secara total, Ronaldo mencetak 84 gol dalam 196 penampilan Liga Premier, 311 gol dari 292 pertandingan La Liga - dan 81 gol dalam 97 gol selama masa tugasnya saat ini di Serie A. Dia juga memenangkan Sepatu Emas Eropa pada empat kesempatan, juga pada 2008, 2011, 2014 dan 2015.

Ronaldo masih bisa mendapatkan trofi musim ini bersama Juventus setelah mengalahkan Atalanta di final Coppa Italia. Tapi penampilan mereka yang mengecewakan di liga, ditambah dengan tersingkirnya mereka di awal Liga Champions embuat musim ini menjadi kegagalan bagi Nyonya Tua, terlepas dari kesuksesan individu sang bintang.(mir)


0 Komentar