Jumat, 23 Juli 2021 14:58 WIB

Taliban Klaim Kuasai 90 Persen Perbatasan Afghanistan

Editor : Yusuf Ibrahim
Taliban. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com-Kelompok Taliban mengeklaim telah menguasai 90 persen perbatasan Afghanistan menyusul serangan mereka yang semakin hebat saat pasukan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya hengkang.

Klaim itu disampaikan juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid. Namun, klaim tersebut belum bisa diverifikasi secara independen. “Perbatasan Afghanistan dengan Tajikistan, Uzbekistan, Turkmenistan, dan Iran, atau sekitar 90 persen dari perbatasan, berada di bawah kendali kami,” kata Mujahid kepada kantor berita RIA Novosti.

Para militan Taliban menyebar melintasi Afghanistan, merebut wilayah, merebut penyeberangan perbatasan dan kota-kota yang mengelilingi, di mana penarikan pasukan AS dan NATO semuanya selesai.

Kelompok militan yang bangkit lagi tersebut sekarang menguasai sekitar setengah dari sekitar 400 distrik Afghanistan.
Mujahid mengatakan kepada RIA Novosti bahwa Taliban tidak akan mentoleransi kelompok teroris ISIS atau Daesh di Afghanistan.

“Kami meyakinkan Anda bahwa kami tidak akan membiarkan ISIS [Daesh] aktif di negara ini, di daerah-daerah di bawah kendali kami,” katanya.

“Tidak ada militan dari Asia Tengah atau China di kabupaten itu,” imbuh dia.

Mujahid juga mengatakan bahwa setelah penarikan pasukan AS dan sekutunya, Taliban tidak akan mentoleransi pasukan asing di negara itu, termasuk dari Turki yang telah melakukan pembicaraan dengan Washington tentang mengambil alih pengelolaan bandara Kabul.

“Kami telah menolak posisi Turki dan mengatakan bahwa setelah penarikan AS dari Afghanistan, kami tidak akan membiarkan pasukan asing lainnya tetap berada di negara ini dengan dalih apa pun,” kata Mujahid.

Tajikistan, negara pecahan Soviet, yang berbatasan dengan Afghanistan, mengadakan inspeksi militer skala besar—yang pertama dalam sejarah 30 tahun negara itu.

Serangan Taliban dalam beberapa pekan terakhir telah memaksa para pengungsi Afghanistan dan pasukan pemerintah untuk menyeberangi perbatasan Tajikistan.

Rusia, yang mempertahankan pangkalan militer di Asia Tengah, mengatakan akan menggelar latihan militer dengan Tajikistan dan Uzbekistan di dekat perbatasan dengan Afghanistan bulan depan.

Sementara itu, perwira tinggi militer AS; Jenderal Mark A Milley, memberikan penilaian muram tentang situasi keamanan di Afghanistan, dengan mengatakan Taliban telah merebut "momentum strategis" atas pasukan militer Afghanistan untuk memprioritaskan perlindungan kota-kota penting, termasuk Kabul, Ibu Kota Afghanistan.

Komentar Jenderal Mark A Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, menggemakan laporan yang meningkat dari lapangan di Afghanistan. Tapi penjelasannya tentang keuntungan Taliban baru-baru ini menegaskan intinya.

“Ada kemungkinan pengambilalihan [oleh] Taliban sepenuhnya, atau kemungkinan sejumlah skenario lain,” kata Milley. "Saya tidak berpikir permainan akhir belum ditulis."

“Momentum strategis tampaknya mirip dengan Taliban,” katanya. “Jelas ada narasi di luar sana bahwa Taliban menang. Faktanya, mereka menyebarkan kemenangan yang tak terelakkan atas nama mereka.”

Namun Milley, yang tampil bersama Menteri Pertahanan Lloyd Austin dalam konferensi pers bersama pertama mereka sejak 6 Mei, berusaha meyakinkan pemerintah Afghanistan bahwa Amerika Serikat akan terus memberikan bantuan kemanusiaan dan keamanan dari jauh.

Baik Milley dan Austin meletakkan tanggung jawab atas nasib negara itu pada warga Afghanistan dan para pemimpin mereka, bukan pada pemerintahan Joe Biden. Austin mengatakan bahwa serangan udara AS setelah 31 Agustus, batas waktu penarikan militer, akan disediakan untuk al-Qaeda dan target teroris lainnya, bukan gerilyawan Taliban yang menyerang pasukan Afghanistan.

“Ini akan menjadi ujian bagi kemauan dan kepemimpinan rakyat Afghanistan, pasukan keamanan Afghanistan dan pemerintah Afghanistan,” kata Milley seperti dikutip AFP.

Menanggapi serangan Taliban, ratusan tentara Afghanistan telah menyerah, menyerahkan peralatan yang dipasok AS dan melarikan diri, terkadang ke negara-negara tetangga. Serangan balik pemerintah Afghanistan memiliki keberhasilan yang terbatas.

Di Washington, DPR AS memberikan suara sangat besar pada hari Kamis untuk mengizinkan ribuan lagi warga Afghanistan yang bekerja bersama Amerika dalam perang Afghanistan untuk dievakuasi, dengan alasan urgensi melindungi sekutu di lapangan dari pembalasan Taliban saat penarikan militer AS memasuki finalnya.(mir)


0 Komentar