Kamis, 19 Agustus 2021 14:55 WIB

Jokowi Yakin Porang Jadi Makanan Masa Depan

Editor : Yusuf Ibrahim
Petani porang. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Timur (Jatim), Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac Kabupaten Madiun.

Porang sendiri merupakan tanaman umbi-umbian dengan nama latin Amorphophallus muelleri. Pada kesempatan itu Presiden Jokowi berkeliling pabrik tersebut dan melihat langsung proses pengolahan porang. Usai berkeliling, Jokowi melakukan groundbreaking perluasan pabrik pengolahan Porang.

“Siang hari ini saya datang ke kabupaten madiun untuk melihat pabrik pengolahan porang PT Asia Prima. Yang menurut saya, dari pengolahan yang ada di Asia Prima ini memberikan nilai tambah yang baik utamanya kepada petani,” katanya, Kamis (19/8/2021).

Jokowi mengaku sempat menanyakan hasil porang setiap hektarnya. Dimana 1 hektar bisa menghasilkan 15 hingga 20 ton selama 8 bulan dengan hasil Rp40 juta.

“Ini sebuah nilai yang sangat besar. Pasarnya juga masih terbuka lebar. Dan kita tahu porang ini akan menjadi makanan masa depan karena low calorie, low carbon, dan juga rendah kadar gula, bebas kadar gula. Saya kira ini menjadi makanan sehat ke depan,” tuturnya.

Menurutnya porang di masa mendatang bisa menjadi pengganti beras yang lebih sehat karena kadar gulanya rendah. Dia pun meminta Menteri Pertanian agar komoditas baru seperti porang diseriusi pengembangannya.

“Dan saya tadi menyampaikan kepada menteri pertanian untuk betul-betul kita seriusi komoditas baru ini, komoditas porang. Dan kita harapkan kita tidak mengekspor porang dalam bentuk mentahan tapi seperti yang kita lihat di sini ini bisa menjadi tepung. Dan kita harapkan barang jadi yakni menjadi beras porang,” pungkasnya.


0 Komentar