Rabu, 29 September 2021 22:37 WIB

Perikanan Nusantara Ekspor Perdana Ikan Black Marlin ke Filipina

Editor : Yusuf Ibrahim
Direktur Operasional dan Pemasaran PT Perikanan Nusantara (Persero) Primawan Badri melepas ekspor perdana 24 ton ikan black marlin menembus pasar Filipina. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com-BUMN PT Perikanan Nusantara sedang tancap gas melakukan ekspor berbagai jenis produk perikanan.
 
Setelah beberapa hari lalu melepas ekspor perdana gurita dari Cabang Makassar serta ekspor perdana ikan kaca piring dari Cabang Tegal ke Tiongkok, kali ini Perinus Cabang Bali yang punya gawe. 
 
Selasa siang (28/9), Direktur Operasional dan Pemasaran PT Perikanan Nusantara (Persero) Primawan Badri melepas ekspor perdana 24 ton ikan black marlin menembus pasar Filipina, dengan nilai transaksi sebesar Rp600 Juta.
 
Acara pelepasan yang berlangsung di Kantor Perinus Cabang Benoa ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali yang diwakili oleh I Putu Wiwa Wirawan S. Pi selaku Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Kepala BKIPM Denpasar Ir Anwar.
 
Dalam sambutannya, Direktur Operasional dan Pemasaran PT Perikanan Nusantara (Persero) Primawan Badri menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah rentetan ekspor PT. Perikanan Nusantara yang sebelumnya sudah dimulai pada 24 September 2021 dimana Cabang Tegal melakukan ekspor Ikan Kaca Piring ke Tiongkok dengan nilai transaksi Rp. 413 Juta, kemudian pada 25 September Cabang Makassar melakukan ekspor perdana ke Amerika Serikat untuk Gurita Steam dan Whole Frozen dengan nilai transaksi sebesar Rp12,9 Miliar. 
 
“Cabang Benoa ini bermitra dengan nelayan yang memiliki lebih dari 100 armada kapal sehingga membuka potensi Cabang Benoa melakukan ekspor secara berkelanjutan. Kedepannya juga akan dilakukan ekspor tuna baik dalam bentuk whole frozen maupun sudah dalam bentuk loin atau dalam potongan steak,” jelas Primawan Badri. 
 
Kemitraan PT. Perikanan Nusantara (Persero) dengan nelayan ini merupakan wujud dari keinginan Menteri BUMN Erick Thohir dalam mengelola industri perikanan yaitu meningkatkan hubungan kerja sama serta keberpihakan kepada nelayan sebagai mitra strategis untuk mewujudkan nelayan yang sejahtera. 
 
Dengan demikian, Perinus akan berkontribusi dalam meningkatkan produksi perikanan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan, menyediakan bahan baku industri, dan meningkatkan pendapatan pelaku usaha kelautan dan perikanan, serta mampu menambah jumlah komoditas dan kuantitas produk yang akan di ekspor.
 
Semakin bertambahnya pasar ekspor ke berbagai negara dengan jenis produk perikanan yang berbeda-beda serta di dukung dengan fasilitas yang dimiliki membuat Perinus optimis dapat bersaing di pasar internasional.
 
Primawan Badri juga menyampaikan, selain sebagai offtake hasil tangkapan nelayan mitra, Perinus juga telah menjadi pengelola Sistem Resi Gudang komoditi perikanan yang sudah terealisasi di dua Gudang Perinus Cabang Surabaya dan Cabang Benoa dengan Nilai resi sebesar Rp 2.2 Miliar, serta Perinus Cabang Benoa juga memfasilitasi nelayan mitranya yaitu Pak Nyoman Tamu untuk mendapat pemodalan operasional kapalnya sebesar Rp. 5 Miliar dengan menggandeng BLU- LPMUKP.(mir)

0 Komentar