Jumat, 08 Oktober 2021 09:32 WIB

Bos Ninetrium: Indonesia Sangat Ideal untuk Berinvestasi

Editor : Yusuf Ibrahim
Michael Anthony. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Situasi yang kondusif di Indonesia mendapat sorotan positif dari Michael Anthony. Mulai penanganan pandemi Covid-19 dari pemerintah yang dinilai berhasil, prestasi atlet di Olimpiade Tokyo serta Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX yang diselenggarakan dengan baik di Papua. 
 
“Menurut saya, orang Indonesia itu sangat patriotik. Meskipun pandemi masih bisa berprestasi. Saya lihat kerja keras pemerintah yang dengan sigap mengatasi kasus Covid-19 lewat vaksinasi masal di seluruh negeri. Bahkan tentara dan polisi ikut membantu. Sejumlah sumbangan juga datang dari kalangan pengusaha kaya multiras yang secara aktif mendukung pemerintah melawan pandemi. Kontribusi pengusaha lewat vaksinasi ini langka dan jarang terjadi di negara lain. Saya punya hubungan baik dengan pemerintah Indonesia, dan saya ikut berpartisipasi membantu walau sangat kecil dibanding para pengusaha kaya lainnya,” kata Michael Antony. 
 
Sebagai informasi, Michael Anthony merupakan CEO perusahaan teknologi asal Amerika bernama Genesis Space X LTD (GSX). Michael yang penyuka olahraga ikut mengomentari keberhasilan kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo. “Semoga prestasi para pemain Indonesia itu berlanjut di ajang Olimpiade berikutnya,” ujar pria kelahiran Utah, Amerika Serikat, 24 September 1971 ini. 
 
Kemeriahan pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX di Papua juga tak luput dari sorotannya. Menurut Michael, opening ceremony berlangsung sangat meriah serta berkelas internasional layaknya Olimpiade. Dan hebatnya, berlangsung di propinsi paling timur Indonesia, jauh dari ibukota negara, saat pandemi. 
 
"Presiden Anda, Bapak Joko Widodo adalah tokoh yang hebat. Sangat bijaksana dan punya kemampuan memimpin yang luar biasa. Jujur saya sangat mengagumi Bapak Jokowi. Itu pula sebab utama kenapa saya berani membuka kantor luar negeri GSX di Indonesia. Negara ini sangat diberkati dengan sumber daya alam yang kaya dan cuacanya sangat bagus, seperti musim panas sepanjang tahun. Menurut saya ini adalah kondisi ideal untuk berinvestasi. Di samping itu, Indonesia adalah entitas ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Negara ini juga memiliki tempat wisata yang sangat indah. Seperti negeri dongeng. Negara mana pun dengan industri pariwisata yang makmur jarang mengalami devaluasi mata uang atau inflasi. Ini sangat penting," terang Michael kepada wartawan.
 
Namun dalam mengelola pariwisata negara ini masih menghadapi beberapa kendala. Michael mencontohkan bahwa industri pariwisata Indonesia paling risau jika menghadapi kendala mata uang nasional yang tidak beredar, karena jika masalah seperti itu terjadi, wisatawan asing pasti akan membatalkan pengaturan perjalanan mereka ke Indonesia karena ketidaknyamanan ketika bertransaksi atau melakukan pembayaran.
 
Sebagai solusi, menurut Michael pada akhir tahun 2021 ini GSX akan meluncurkan mata uang digital bernama Ninetrium. Ini akan menjadi peluncuran perdana sekaligus uji coba di Indonesia. Nantinya semua industri terkait pariwisata di Indonesia akan bisa menggunakan mata uang digital Ninetrium ini sebagai pengganti cara pembayaran tradisional. 
 
Mata uang digital adalah produk turunan dari blockchain dan merupakan layanan keuangan masa depan. Bagaimanakah produk keuangan yang terdesentralisasi dapat merangsang industri pariwisata yang lesu? Dan apakah Ninetrium hanya ditargetkan untuk industri pariwisata saja? “Sebagai barang baru Ninetrium akan sangat menarik perhatian. Yang pasti banyak yang penasaran karena kami belum mengungkap semuanya. Jadi mari kita nantikan perkembangan selanjutnya dengan sabar,” tutup Michael Anthony. (mir)

0 Komentar