Jumat, 22 Oktober 2021 10:23 WIB

Peran Santri Dinilai Sejalan dengan Petani dari Masa ke Masa

Editor : Yusuf Ibrahim
Petani. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com-Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi melakukan lawatan ke Jombang, Jawa Timur dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021.

Dalam lawatannya ke Jombang, Harvick melakukan beberapa kunjungan. Adapun sejumlah tempat yang dia kunjungi di antaranya makam tokoh Nahdlatul Ulama seperti Makam KH Hasyim Asy’ari, KH Wahid Hasyim, KH Abdurrahman Wahid, KH Abdul Wahab Chasbulloh, KH Bisri Syansuri dan KH Aziz Masyhuri.

Menurut Harvick, berziarah ke makam tokoh NU bukan sekedar tradisi tapi juga dimaknai sebagai perjalanan napak tilas perjuangan para tokoh yang sudah berjasa untuk bangsa ini. "Jadi santri dan petani satu tarikan nafas perjuangan dalam sejarah bangsa ini,” ujar Harvick dalam keterangan pers, dikutip Jumat (22/10/2021).


Hari Santri Nasional yang jatuh setiap 22 Oktober merupakan momentum penetapan resolusi jihad melawan pasukan kolonial di Surabaya. Menurut Harvick, peranan santri sangatlah strategis bagi bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan.

Dia memandang, peran santri juga sejalan dengan peran petani dari masa ke masa. Tokoh muda NU ini juga menyitir perkataan Hadratussyekh Hasyim Asy’ari menerangkan bahwa petani adalah benteng terakhir bagi pertahanan negeri.

Bukan hanya itu pendiri NU ini juga menulis sebuah artikel berjudul Keoetamaan Bertjotjok Tanam Dan Bertani. Artikel tersebut ditambah dengan judul kecil Andjoeran Memperbanyak Hasil Boemi dan Menjoeboerkan Tanah, Andjuran Mengoesahakan Tanah dan Menegakkan Ke’adilan. Kesemuanya menjelaskan peran penting petani bagi bangsa ini.(mir)


0 Komentar