Selasa, 26 Oktober 2021 10:28 WIB

Jakpro Jajaki Konser BTS di Jakarta International Stadium

Editor : Yusuf Ibrahim
BTS. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com-PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) menjajaki seluruh kemungkinan aktivasi Jakarta International stadium (JIS) setelah perlehatan Youth International Championship usai digelar Desember mendatang.

Salah satunya menggelar konser musik. Grup musik yang tengah dijajaki Jakpro untuk menggelar konser di JIS, yakni Grup Korean Pop (K-Pop) asal Korea Selatan, bangtan boys (BTS).

Kadiv Sekretaris Perusahaan Nadia Diposanjoyo mengatakan, dengan kecanggihan sound system yang ada di JIS, serta retracable roofnya, JIS dirancang tidak hanya sebagai stadion biasa. Tetapi juga mengikuti standar internasional dengan tujuan agar stadion dapat dipakai pada saat event Piala Dunia dan event bertaraf internasional lainnya.

JIS juga nantinya memiliki fungsi multipurpose venue. Artinya, JIS tidak hanya menggelar pertandingan sepakbola saja, melainkan juga event besar seperti exhibition maupun konser musik.


Untuk mendukung hal tersebut, JIS dilengkapi dengan sistem atap buka tutup (retractable roof). Berbagai variasi aktivasi yang akan berlangsung pada tahun depan atau ketika stadion berstandar FIFA ini rampung 100 persen, termasuk konser musik internasional asal Korea yang sedang dalam penjajakan dan perencanaan.

"JIS bakal dilengkapi dengan sistem audio (sound system) berteknologi canggih yang mendukung untuk menggelar konser-konser besar. Sistem audio tersebut juga didukung dengan ruang tertutup di dalam JIS, sehingga suara musik terdengar lebih bagus. Ada pun sound audio video yang digunakan adalah pro sound yang mengakomodir konser internasional dengan suara akustik yang mendukung seisi stadion," kata Nadia kepada wartawan, Selasa (26/10/2021).

Spesifikasi teknis peralatan sistem tata suara yang digunakan profesional sound masuk dalam standar FIFA. Terkait dengan Speach Transmission Indek (STI) dimana tingkat tekanan suara tidak kurang dari 100 dBA dan maximum 105 dBA, dengan toleransi rerata 3.5 dBA.

"Jadi, selain berfungsi sebagai pertandingan sepak bola internasional, stadion JIS juga mampu mengakomodir konser internasional, seperti halnya stadion internasional yang ada di luar negeri," tandasnya.

Sementara itu, memasuki pembangunan JIS pekan ke-111, progresnya sudah mencapai 76,526. Ditargetkan pada akhir bulan ini progresnya mencapai 80%.
 

Untuk progres pengerjaan pembangunan fitur unggulan stadion, saat ini sudah memasuki tahap finishing. Seperti corporate box, media room, royal lounge, press conference room, dan locker room home and away. Sedangkan rumput stadion utama hampir mencapai 100% terpasang.(mir)


0 Komentar