Senin, 22 November 2021 11:55 WIB

Gubernur Makkah Akui Belajar dari Indonesia Tentang Moderasi Beragama

Editor : Yusuf Ibrahim
Menag Yaqut bersama Khalid bin Faisal Al Sa'ud. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sowan ke Gubernur Makkah Khalid bin Faisal Al Saud.

Adapun pertemuan berlangsung di Kantor Gubernur Makkah, Minggu (21/11/2021). Yaqut akan memfokuskan pada fasilitas kesehatan di Indonesia yang direkomendasikan pemerintah Saudi Arabia terkait aturan PCR bagi calon jemaah umrah. Tak lain untuk mengobati kerinduan calon jemaah terhadap Ka'bah di Makkah.


"Untuk mengobati kerinduan umat Islam di Indonesia, saya juga menyampaikan harapan untuk segera dibukanya kembali penyelenggaraan umrah 1443 H. Indonesia siap menjalankan ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah Saudi Arabia," kata Yaqut dalam keterangan tertulis dikutip, Senin (22/11/2021).

Yaqut menyampaikan, perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia kepada Khalid bin Faisal. Selain itu, kebijakan dalam persiapan keberangkatan calon jemaah umrah pun turut dipaparkan.

"Saya hari ini bertemu Gubernur Makkah, Khalid bin Faisal. Saya menyampaikan informasi bahwa penanganan Covid di Indonesia secara umum sudah dapat terkendali," ujar Gus Yaqut sapaan akrabnya.

Kemudian, Yaqut juga menyampaikan kesiapan Indonesia untuk kembali memberangkatkan calon jemaah umrah. Menurutnya, Kementerian Agama terus melakukan edukasi kepada calon jemaah haji dan umrah untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Pemerintah Indonesia juga telah melakukan vaksinasi untuk calon jemaah haji dan umrah. Dalam rangka mengupayakan kesehatan bagi calon jemaah umrah, Kementerian Agama membuat kebijakan umrah satu pintu," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Makkah Khalid bin Faisal Al Sa'ud menyambut baik kunjungan Menag Yaqut. Ia menyampaikan komitmennya untuk memberikan pelayanan pada calon jemaah umrah dan haji Indonesia.

Namun, Khalid kembali menekankan pentingnya kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab, penyelenggaraan umrah 1443 Hijriah dan juga haji, diselenggarakan masih dalam suasana pandemi.

Dalam kesempatan tersebut Yaqut juga memuji penyebaran prinsip-prinsip Islam yang moderat yang terus dilakukan Pemerintah Saudi. "Justru kami belajar dari Indonesia tentang moderasi beragama," timpal Gubernur Makkah Khalid bin Faisal.(mir)


0 Komentar