Kamis, 09 Desember 2021 11:52 WIB

Pemprov DKI Siapkan Sejumlah Langkah Antisipasi Masuknya Omicron

Editor : Yusuf Ibrahim
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (foto istimewa)

JAKARTA,Tigapilarnews.com- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) memastikan hingga kini belum ada temuan varian varian Covid-19 atau Omicron di Ibu Kota.

Meski demikian, sejumlah langkah sudah disiapkan untuk mengantisipasi masuknya varian baru Covid-19 itu. "Banyak cara. Tentu pembatasan orang yang datang dari luar negeri, dari daerah dan lain-lain. Kita tingkatkan sarana dan prasarana, fasilitas, dan tenaga kesehatan, serta yang paling penting adalah vaksin dan protokol kesehatan," ujar Ariza, Kamis (9/12/2021).

Ariza mengatakan sudah mengecek adanya informasi kasus Omicron ditemukan di Jakarta. Hasilnya memang nihil. "Itu kan informasi dari Kabupaten Bekasi. Namun demikian, setelah kami cek melalui Dinas Kesehatan, sampai tadi belum ada. Mudah-mudahan tidak ada," kata Ariza.

Berdasarkan klarifikasi terakhir Dinas Kesehatan DKI ke Litbangkes Kementerian Kesehatan RI pada Rabu 8 Desember 2021 pukul 14.30, dipastikan belum ditemukan varian baru Omicron di Jakarta.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyampaikan, pihaknya secara aktif melakukan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) setiap harinya untuk mendeteksi varian virus corona. “Setidaknya sudah 2.500 spesimen diperiksa dan 40 persen di antaranya adalah variant of concern. Sejauh ini tidak ditemukan varian Omicron," tegasnya.(mir)


0 Komentar