Selasa, 14 Desember 2021 14:47 WIB

Hadi Tjahjanto: Komandan Harus Jadi Tauladan dan Tak Ketinggalan Zaman

Editor : Yusuf Ibrahim
Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com-Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto terlahir sebagai seorang prajurit TNI AU dengan Korps Penerbang.

Alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) 1986 ini berhasil memimpin TNI dengan memegang amanah sebagai Panglima TNI pada 2017-2021.

Mantan Panglima TNI ini memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap generasi penerusnya. Hari ini, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menyampaikan materi dalam Apel Komandan Satuan TNI AU, bertempat di Mabes TNI AU, Cilangkap, Jakarta Timur Senin (13/12/2021).

Dalam kesempatan itu, Hadi menyampaikan sebagai Komandan atau Pimpinan harus mampu menjadi tauladan. Terlebih saat ini dalam revolusi industri 4.0. Tentunya para Komandan Satuan tidak boleh ketinggalan dengan kemajuan teknologi tersebut berikut fenomena tantangan dan karakteristiknya.

"Hindari bekerja dengan model kerja (template) masa lalu, sesuaikan dengan kondisi dan tantangan terkini. Selalu perbarui (update) informasi. Para Komandan atau Pimpinan harus turun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi aktual anak buah, alutsista dan masyarakat sekitar," tegasnya.

Hadi juga menyampaikan sebagai prajurit, tentunya loyalitas harus tegak lurus pada pimpinan TNI. Dalam bekerja para Komandan sebaiknya menggunakan panduan siklus Observe Orient Decide Act (OODA) ketika menerima tugas yang bertubi-tubi.

Hadir dalam kegiatan ini, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Wakasau, Dankodiklatau, Irjenau, para pejabat TNI AU dan para Komandan Satuan TNI AU dari seluruh Indonesia. Di akhir kegiatan, acara Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, menerima Piagam Penghargaan TNI AU yang disampaikan langsung oleh Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.(mir)


0 Komentar