Kamis, 06 Januari 2022 21:05 WIB

Ekspor Kopi Indonesia ke Mesir Tembus Rp1,57 Triliun

Editor : Yusuf Ibrahim
Kopi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com-Dalam upaya meningkatkan volume ekspor Indonesia ke Mesir, KBRI Kairo memfasilitasi transaksi dagang kopi antara pelaku usaha Indonesia dengan pengusaha Mesir di Ruang Utama KBRI Kairo (04/01/2022).

Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Lutfi Rauf menekankan pentingnya para pelaku usaha untuk menjaga kualitas dan ketersediaan produksi kopi. “Permintaan akan produk kopi Indonesia di Mesir semakin hari semakin meningkat sehingga dibutuhkan perhatian dalam menjaga rantai pasok kopi ke Mesir,” kata Dubes Lutfi sebagaimana dikutip di laman Kementerian Luar Negeri RI, (6/1/2022).

Dubes Lutfi mengatakan bahwa tingginya permintaan produk kopi di Mesir sehingga perlu upaya dan strategi berkelanjutan untuk mempertahakan posisi Indonesia di pasar kopi Mesir. “Berdasarkan data BPS Januari-November 2021 ekspor kopi Indonesia ke Mesir bernilai USD109,80 juta (Rp1,57 triliun), naik 67,40% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar USD65,59 juta,” ungkap Lutfi.

Selain itu, Perwakilan Marketing Internasional PT Aka Azhariyah Group menyampaikan terima kasih atas dukungan dan fasilitasi KBRI Kairo dalam mempromosikan dan menegosiasikan produk kopi unggulan Indonesia. Dubes RI Lutfi Rauf juga menyampaikan, tahun 2022 ini genap 75 tahun terjalinnya hubungan bilateral Indonesia-Mesir sehingga saat ini adalah momentum yang tepat guna mempererat peningkatan hubungan ekonomi perdagangan Indonesia-Mesir.

Kali ini, perusahaan Mesir Egypt Coffee Export (Moca Coffee) membeli kopi Indonesia dari PT Aka Azhariyah Group. “Moca Coffee mengawali trial order sebanyak dua kontainer dengan kapasitas 40 ton, yang setelahnya akan dilanjutkan repeat order sebanyak 10 kontainer per bulannya selama tahun 2022. Dengan demikian potensi transaksi yang dapat dibukukan selama satu tahun dapat mencapai lebih dari USD5 juta atau diatas Rp70 miliar,” ungkapnya.(yor)


0 Komentar