Jumat, 28 Januari 2022 13:32 WIB

Anies Tekad Padukan Program Budaya, Pariwisata, dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Pertanian

Editor : Yusuf Ibrahim
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajaran Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) seta Pemkot Jakarta Timur memanen buah golden melon di kawasan Agro Edu Wisata (AEW) Cilangkap, Jumat (28/1/2022).

"Alhamdulillah, menikmati sisi lain dari Jakarta. Di sini, kita bukan saja diberikan pengalaman menarik, tapi juga disuguhkan tempat kawasan produktif," ujar Anies.

Anies mengapresiasi kawasan AEW tersebut karena dinilai memiliki potensi yang bukan hanya untuk pariwisata, tetapi bisa menjadi sarana pendidikan maupun penelitian terkait varietas tanaman untuk pangan. "Melon ini ditanamnya kira-kira 70 hari yang lalu dan saat ini sudah bisa dipanen. Ini salah satu contoh bagaimana kawasan AEW memiliki potensi untuk bisa menjadi sentral wisata sekaligus pembelajaran, baik untuk pengetahuan maupun untuk diaplikasikan," kata Anies.

Anies juga mengapresiasi keberadaan dan aktivitas dari Kelompok Tani Kampung Bayam Madani yang sedang menjalankan proses pembelajaran terkait varietas berbagai tanaman pangan melalui workshop.

Anies berharap, kegiatan ini bisa terus berlangsung dan dapat dikembangkan. “Harapannya, akan banyak masyarakat Jakarta maupun luar Jakarta bisa mempelajari. Lalu, mengadopsi tempat ini untuk diterapkan di berbagai tempat mereka tinggal atau berproduksi," harap Anies.

Anies turut menyampaikan apresiasinya kepada DKPKP DKI Jakarta karena telah mengadakan bimbingan teknis tentang budidaya melon bagi Kelompok Tani Kampung Bayam Madani dalam rangka menghasilkan benih bermutu.

Selain itu, Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman DKPKP telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada dan Fakultas Pertanian IPB. Anies memastikan Pemprov DKI Jakarta akan terus berinovasi dalam pengembangan urban farming melalui gagasan baru, yaitu penyediaan fasilitas dan pendampingan kepada masyarakat yang melibatkan kalangan akademisi, pemerintah pusat, swasta, dan komunitas di Jakarta.

"Rencana pengembangan program Agro Edu Wisata selanjutnya adalah pembangunan Padepokan Budaya Nusantara. Tujuan dibangunnya padepokan tersebut adalah untuk memadukan program budaya, pariwisata, dan pengembangan ekonomi kreatif pertanian," paparnya.

Jika dikerjakansecara konsisten, dengan skala yang makin hari makin besar, Anies yakin akan memiliki ekonomi yang amat baik. "Untuk itu, kepada Kadis KPKP, terima kasih sudah memberikan kesempatan. Insya Allah ini bisa jadi unggulan di Jakarta," pungkas Anies.(mir)


0 Komentar