Senin, 07 Februari 2022 14:32 WIB

Guardiola Akui Mahrez Selalu Cetak Gol dari Penalti Meski di Bawah Tekanan

Editor : Yusuf Ibrahim
Riyad Mahrez. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pelatih Manchester City (Man City), Pep Guardiola memberikan pujian kepada Riyad Mahrez.

Gelandang asal Aljazair itu dinilai sangat tenang setiap kali mengeksekusi penalti. Pujian itu disampaikan Guardiola setelah Man City menang 4-1 atas Fulham pada putaran keempat Piala FA 2021/2022 di Etihad Stadium, Sabtu (5/2/2022).

Pada laga itu, tim tamu sempat unggul 1-0 lewat gol cepat Fabio Carvalho (4'). Namun, The Citizens bisa membalik keadaan dengan mencetak empat gol melalui Ilkay Gundogan (6'), John Stones (13') dan Mahrez (53' dan 57'). Gol pertama Mahrez pada duel itu dari titik putih.

Seusai pertandingan, Guardiola memberikan pujian kepada Mahrez. Dia menyebut pemain berusia 30 tahun itu memiliki ketenangan saat menjadi algojo. Adanya mantan pemain Leicester City itu disyukuri Guardiola.

Sebab, itu menjadi jaminan Man City bisa mendapat gol dari tendangan penalti. “Sebagai pemain, dia memiliki kualitas khusus. Pada tahun lalu kami berjuang dengan penalti dan sekarang dia adalah jaminan," jelas Guardiola dilaman resmi klub.

Pelatih asal Spanyol itu mengakui Mahrez selalu mencetak gol dari tendangan penalti meski di bawah tekanan. Dia bisa menjalankan tugasnya dengan baik dalam situasi apapun. Itu sempat terjadi pada musim lalu kala menghadapi Borussia Dortmund pada leg kedua perempat final Liga Champions. Ketika itu Man City tertinggal 0-1. Tapi, Mahrez bisa menyamakan kedudukan melalui penalti.

Berkat jasa Mahrez, jawara Liga Inggris itu bisa menang 2-1 hingga unggul aggregat 4-2. Hal serupa dilakukannya saat bentrok Fulham di Piala FA. “Akan mudah jika Anda melakukan penalti saat unggul 4-0. Tetapi, musim lalu di Dortmund dia mencetak gol ketika kami tertinggal 0-1," puji Guardiola.

"Musim ini kami tertinggal 0-1 saat melawan Arsenal dan dia mencetak gol (dari penalti). Dia mencetak setiap penalti yang dia ambil dan terutama di bawah tekanan," tutup Guardiola.

Pernyataan Guardiola bisa diartikan Mahrez akan menjadi penendang penalti utama Man City. Itu bisa dimaklumi karena musim ini dia telah menyumbang 15 gol dan enam assist dari 26 penampilanya disemua kompetisi.(jam)


0 Komentar