Sabtu, 23 April 2022 12:17 WIB

Ketua Pembina YBMI/DKM Masjid Ash Shomad Optimis Target Bersih-bersih Masjid Tercapai dan Dilanjutkan dengan Jumlah Lebih Banyak

Editor : Yusuf Ibrahim
DKM Masjid Ash Shomad. (foto istimewa)

JAKARTA,Tigapilarnews.com- Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Ash Shomad milik Yayasan Bahtera Maju Indonesia (YBMI) sedang melaksanakan program bersih-bersih masjid di seputaran Kecamatan Panongan, Tangerang, Banten.

Pada bulan Ramadhan tahun ini, target masjid yang dibersihkan sebanyak 30 masjid dan hingga Sabtu (23/4), sudah selesai 28 masjid. Ketua Pembina YBMI/DKM Masjid Ash Shomad, Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa target 30 masjid di Bulan Ramadhan ini akan tercapai dan akan dilanjutkan setelah Ramadhan, dengan wilayah lebih luas dan jumlah masjid lebih banyak. 

“Dalam program ini kami bekerja sama dengan YPP/SCTV/Indosiar, agar model ini tersiar luas dan menjadi contoh atau role model bagi DKM masjid lain,” ujar Budi.

Program bersih-bersih masjid bertujuan agar masjid-masjid di Indonesia kondisinya bersih, tidak kumuh, sehingga menjadi nyaman bagi jamaah dan tida menjadi medium penularan berbagai penyakit, termasuk Covid-19 yang penularannya bisa lewat droplet yang menempel di lantai, karpet, sajadah atau tempat wudu.

Pembersihan masjid dilakukan secara menyeluruh, baik di sisi eksterior maupun interiornya. Baik itu halamannya, terasnya, dinding-dindingnya, lantai, karpet, tempat wudu, sampai toilet dan ruang marbot. 

Program ini melibatkan marbot masjid setempat dan para pemuda sekitar. Masjid Ash Shomad terletak di dalam Kawasan pinggcitralandand Raya, Kelurahan Ciakar, Panongan, Tangerang, Banten. Selain program bersih-bersih masjid, selama Ramadhan Ash Shomad juga telah membagikan 2.000 paket bingkisan untuk masyarakat sekitar yang membutuhkan dan para korban terdampak Covid-19.

Masjid yang baru diresmikan pada 11 Maret 2022 oleh Bupati Tangerang dan Ketua Pembina YBMI ini telah menggelar salat Jumat, salat tarawih, pembagian tajil, vaksinasi, penyediaan air minum gratis, latihan stir mobil gratis, dan peringatan hari-hari besar Islam seperti Isra Mikraj dan Nuzulul Quran. Bakda Ramadan, Ash Shomad juga akan menjalankan banyak program lagi seperti pemberdayaan ekonomi umat, pelatihan digital, kursus Bahasa, dan lainnya.(mir)


0 Komentar