Rabu, 04 Mei 2022 13:08 WIB

Erick, Budi, dan Muhadjir Tinjau Kesiapan Pelabuhan Panjang untuk Layani Arus Balik

Editor : Yusuf Ibrahim
Erick, Budi, dan Muhadjir di Pelabuhan Panjang. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Hari ketiga Lebaran, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kembali melakukan pantauan arus mudik dan balik.

Pantauan ini untuk memastikan aktivitas mudik dan arus balik berjalan baik. Melalui akun Instagramnya, Erick ditemani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Ketiganya, bergegas menuju Pelabuhan Panjang di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung dengan menggunakan helikopter, Rabu pagi. "Lebaran hari ketiga, sudah kembali memantau arus mudik dan balik bersama Menhub Budi Karya Sumadi dan Menko PMK Muhadjir Effendy," ujar Erick, Rabu (4/5/2022).

Erick, Budi, dan Muhadjir akan meninjau kesiapan Pelabuhan Panjang untuk melayani prosesi arus balik dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa. Pemerintah sendiri telah memutuskan membuka jalur alternatif penyeberangan dari Pulau Sumatra ke Jawa melalui pelabuhan Panjang.

Pembukaan jalur alternatif ini untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan pemudik di Pelabuhan Bakauheni saat arus balik. Hal ini dilakukan mengingat terjadi lonjakan penumpang yang sangat tinggi pada arus mudik pada angkutan penyeberangan.

Berdasarkan catatan Kementrian Perhubungan, jumlah penumpang yang menggunakan angkutan penyeberangan melebihi penumpang di transportasi umum lain mencapai 1,6 juta penumpang, baik itu di Pelabuhan Bakauheni maupun di Pelabuhan Merak.

"Untuk itu, Pelabuhan Panjang bisa kita jadikan alternatif. Kita juga akan lakukan skenario untuk merespons perubahan perilaku pemudik tahun ini dibanding 2019 sehingga penanganan kita bisa lebih cermat dan memuaskan bagi para pemudik,” ungkap Muhadjir Effendy.(mir)


0 Komentar