Rabu, 18 Mei 2022 13:15 WIB

Khofifah: Kebijakan Pelonggaran Penggunaan Masker Adalah Bentuk Adaptasi Kehidupan Baru

Editor : Yusuf Ibrahim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut baik kebijakan pelonggaran masker yang resmi dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (17/5/2022).

Kebijakan tersebut diterbitkan seiring dengan melandainya kasus COVID-19 di seluruh Nusantara. Khofifah mengatakan bahwa, kebijakan penggunaan masker yang kini telah resmi dilonggarkan adalah bentuk adaptasi kehidupan baru.

Ia optimistis keputusan tersebut akan membawa kehidupan lebih baik ke depannya. "Namun ada beberapa syarat yang diarahkan oleh Presiden Jokowi agar nantinya new normal ini bisa membawa kehidupan jadi lebih baik," ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Rabu (18/5/2022).

Terdapat beberapa syarat yang dalam kebijakan pelonggaran masker yang harus dipatuhi bersama. Pertama, jika masyarakat beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka dan tidak padat, maka masyarakat diperbolehkan melepas masker.

Kedua, jika berkegiatan di ruangan tertutup dan berada dalam transportasi publik, maka masyarakat harus tetap menggunakan maskernya. Ketiga, masyarakat kategori rentan, lansia, komorbid, tetap menggunakan masker selama beraktivitas.

Keempat masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, tetap menggunakan masker selama beraktivitas."Saya rasa ini tahapan untuk masuk new normal life. Saya seringkali menyampaikan bahwa tidak sekadar new normal life, tapi ini sedang menuju better life," tegasnya kembali.

Selain kebijakan pelonggaran masker, pelonggaran kebijakan bagi pelaku perjalanan juga diterbitkan. Masyarakat yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin lengkap boleh bepergian tanpa melakukan RT swab antigen maupun PCR.

"Alhamdulillah, perlahan namun pasti fleksibilitas dari kebijakan muncul. Ini adalah hasil bagaimana pengendalian COVID-19 di wilayah masing-masing yang juga peran kita semua," ujarnya.

Khusus bagi masyarakat yang belum mendapatkan dosis vaksin lengkap, Khofifah mengajak mereka untuk segera mendapatkan dosis vaksin di lokasi vaksinasi terdekat. "Sudah banyak gerai vaksin dan mudah dijangkau masyarakat. Jika memang belum lengkap dua dosis, segeralah untuk mendapatkan dosis keduanya. Kalau belum booster juga segera ke gerai faskes terdekat," katanya.(mir)


0 Komentar