Jumat, 27 Mei 2022 11:27 WIB

Kondisi Pandemi Covid-19 di Indonesia Disebut Terkendali

Editor : Yusuf Ibrahim
Wiku Adisasmito. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali.

Ini sebagaimana diungkapkan juru bicara Satgas Covid-19 Nasional, Prof. Wiku Adisasmito. Sebelumnya, usai libur panjang biasanya diikuti dengan kenaikan kasus positif Covid-19.

Pasalnya, selama libur panjang, aktivitas dan mobilitas masyarakat sangat tinggi. "Data per 22 Mei menunjukkan bahwa kasus Covid-19 nasional masih tergolong terkendali pasca periode libur dengan tingkat aktivitas dan mobilitas masyarakat yang tinggi," ungkap Prof. Wiku dalam konferensi pers virtual, Jumat (27/5/2022).

Tidak seperti masa liburan sebelumnya, pada masa seusai libur Lebaran, kasus Covid-19 terkendali dengan baik. "Tiga pekan lalu kasus Covid-19 bertambah 1.300 kasus, sedikit mengalami kenaikan menjadi 2.300 kasus di minggu berikutnya. Tapi, pekan lalu menurun menjadi 1.500 kasus. Kenaikan kasus ini tidak signifikan jika dibandingkan dengan periode libur panjang sebelumnya," jelas Prof. Wiku.

Capaian baik ini, menurut Prof. Wiku, perlu dipertahankan mengingat Indonesia tak pernah luput dari kenaikan kasus pada periode libur panjang sebelumnya. Prof. Wiku mengingatkan kepada masyarakat agar terus menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat meskipun kasus Covid-19 terus terkendali.

Selain itu, kesadaran untuk dites pun tetap harus dilakukan, terlebih ketika Anda memiliki riwayat yang berisiko atau merasa bergejala. Upaya lain yang tetap harus dilakukan adalah meningkatkan kesadaran untuk mengisolasi diri ketika teridentifikasi positif Covid-19. "Ini penting agar penyebaran virus di masyarakat semakin kecil," tutupnya.(kah)


0 Komentar