Selasa, 28 Juni 2022 23:06 WIB

Satgas Covid-19 Pastikan Pantau Asean Para Games 2022 di Solo

Editor : Yusuf Ibrahim
Menpora Zainudin (ketiga dari kiri) bersama pihak terkait. (foto istimewa)

JAKARTA,Tigapilarnews.com- Penyelenggaraan Asean Para Games 2022 di Kota Solo, Jawa Tengah pada tanggal 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang dilaksanakan masih di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia.

Oleh karena itu Direktur Bidang Logistik dan Peralatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Zaherman Muabezi meminta setiap venue pertandingan atau penginapan atlet dan ofisial dibentuk Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Satgas Prokes) Covid-19. 

"Pada prinsipnya BNPB atau Satgas mendukung kegiatan ini dengan catatan dimana sekarang ini kita seluruh wilayah PPKM nya level 1. Dan pada saat penyelenggaraan APG ini diperkirakan kasus Covid akan meningkat," kata Zaherman Muabezi saat jumpa pers di Media Center kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6). 

BNPB meminta setiap venue pertandingan serta tempat penginapan diadakan Satgas Prokes. Hal itu dilakukan untuk melakukan pengawasan serta pengendalian penyebaran Covid-19.

"Oleh karena itu nanti dalam surat rekomendasi kita satgas meminta setiap tempat dimana itu diadakan atau hotelnya tempat menginap ofisialnya dan atlet itu dibentuk Satgas Prokes untuk melakukan pengawasan, pengendalian penyebaran Covid," tutur Zaherman.

"Jika nanti ada peserta baik atlet dan oficial yang ternyata dinyatakan positif Covid-19 dan tidak terlalu parah cukup dikarantina atau isolasi di hotel tempat dimana menginap. Jika kondisinya sedang hingga berat maka akan dirawat di rumah sakit untuk isolasi," urainya.

Sementara ditempat yang sama perwakilan dari Mabes TNI PABAN 4 OPSDAGRI Kol.Inf.Wawan Pujiatmoko menyampaikan pihaknya akan menerjukan 1.800-an personil TNI untuk pengamanan Asean Para Games 2022 di Solo.

"Kami dari unsur TNI sangat mendukung kegiatan APG ini dan dari TNI akan menyiapkan 1.800 personil pengamanan baik pengamanan VVIP terhadap tamu negara setingkat kepala negara maupun di tempat kegiatan dan tempat-tempat penginapan, rute dan termasuk pengamanan dalam rangka opening dan closing ceremony," ujarnya.

"Kami juga akan terjunkan personil untuk membantu penegakan prokes Covid-19 apabila terjadi lonjakan kasus pandemi di dalam pelaksanaan even ini. Sama dengan pelaksanaan PON Papua dan Peparnas kita juga kerahkan personil TNI untuk membantu bekerjasama dengan BNPB untuk membatasi dan mengatur penonton," tambahnya.

"Kami mendukung setiap kebijakan dari pemerintah dalam hal ini penyelenggaraan Asean Para Games 2022. Semoga akan berjalan dengan aman, lancar dan sesuai dengan harapan," tambah Kasubbag Renopswil Robinops SOPS POLRI AKBP Tri Hartanto.(mir)


0 Komentar