Rabu, 20 Juli 2022 11:46 WIB

ATR/BPN Targetkan Akhir 2022 Beri 7 Juta Sertifikat Tanah ke Masyarakat

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi sertifikat tanah. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Juru Bicara Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ( ATR/BPN), Teguh Hari Prihanto, mengatakan kementeriannya menargetkan hingga akhir tahun 2022 bakal memberikan setidaknya 7 juta sertifikat tanah kepada masyarakat.

Pembagian sertifikat itu sebagai upaya percepatan pada program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) yang ditargetkan hingga tahun 2024 setidaknya 125 juta sertifikat tanah sudah diberikan kepada masyarakat.

"Tahun ini ditargetkan membagikan sertifikat sebanyak 7 juta, yang sudah tersampaikan sudah 40%," ujar Teguh saat ditemui di kantornya, Selasa (19/7/2022).

Teguh menyebut salah satu strategi untuk mempercepat pencapaian target tersebut adalah dengan cara terjun langsung ke lapangan guna membagikan sertifikat. "Setelah menerima kami juga mengimbau masyarakat untuk menyimpan sebaik-baiknya setifikat yang sudah diberikan dan menjaga itu dengan baik," lanjutnya.

Di samping itu dengan cara yang demikian juga bisa sekaligus mencari titik masalah yang bisa menjadi hambatan dalam mencapai target yang sudah ditetapkan. Teguh pun mengimbau kepada jajaran Kementerian ATR/BPN untuk terjun langsung ke lapangan untuk melakukan upaya yang sama.

Menurut Teguh, kehadiran sertifikat tanah itu juga bisa mempersempit ruang gerak mafia tanah yang selama ini dianggap telah cukup merugikan masyarakat. 

"Pesan yang ingin disampaikan agar bawahannya juga bisa terjun langsung, hampir setiap hari Pak Menteri melakukan teleconference kepada pimpinan di daerah supaya itu bisa dipercepat," pungkasnya.(fik)


0 Komentar