Selasa, 27 September 2022 11:26 WIB

SDM Indonesia Diharapkan Bisa Unggul di Jepang

Editor : Yusuf Ibrahim
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengharapkan agar sumber daya manusia (SDM) Indonesia bisa unggul di Jepang.

Hal itu diungkapkan Wapres saat menghadiri undangan dialog dengan warga negara Indonesia (WNI) di Jepang dan jamuan santap siang di Wisma Duta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), 5 Chome 2-26, Higashigotanda, Shinagawa City, Tokyo.

"Kita akan terus mendukung upaya peningkatan SDM kita yaitu supaya lebih kompetitif dibanding pekerja dari negara lain," ungkap Wapres dikutip dalam keterangannya, Selasa (27/9/2022).

Bahkan, Wapres menyebutkan pemerintah saat ini terus mendorong peningkatan SDM melalui pemberian beasiswa untuk melanjutkan studi baik di dalam maupun di luar negeri. "Peningkatan SDM memang menjadi salah satu prioritas karena kunci dari keberhasilan dan kemakmuran kita adalah SDM baik yang berada di dalam maupun di luar negeri," tegasnya.

Menurut Wapres, pemerintah saat ini terus menguatkan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) terutama untuk mendukung para siswa yang menempuh pendidikan di universitas-universitas terkemuka di luar negeri. "Ini memang komitmen pemerintah untuk menyiapkan SDM unggul yang bisa bersaing secara global," ujarnya.

Wapres pun berharap para diaspora Indonesia di Jepang terus berkontribusi positif dan menjadi duta negara dalam menjaga hubungan baik Indonesia - Jepang. "Kehadiran diaspora Indonesia di Jepang dapat berkontribusi secara positif, menjadi duta Indonesia, memberikan karya terbaik, mematuhi hukum setempat, saling jaga silaturahmi, dan saling membantu," pesannya.(fik)


0 Komentar