Kamis, 29 September 2022 15:25 WIB

Warga DKI Disebut Puas dengan Kepemimpinan Anies dan Riza Patria

Editor : Yusuf Ibrahim
Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Warga Jakarta puas dengan kepemimpinan Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria (Ariza) selama lima tahun ini.

Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan Pusat Data Bersatu (PDB). Dalam survei PDB, sebanyak 83% responden menyatakan kepuasannya dengan kinerja Anies-Ariza selama lima tahun mengembang amanat memimpin Jakarta.

"Kita menemukan sebanyak 83,8% responden menyatakan puas dan sangat puas terhadap kinerja Anies-Ariza," ungkap Peneliti PBD, Syarifuddin dalam diskusi hasil survei oleh Pusat Data Bersatu via zoom, Kamis (29/9/2022).

Sementara, hanya 16,1% yang menyatakan tidak puas terhadap kinerja kepemimpinan Anies-Ariza. Angka ini merupakan gabungan antara yang menyatakan sangat tidak puas dan tidak puas. Menurut dia, kepuasan responden didasari dari prestasi yang telah ditorehkan selama keduanya memimpin DKI Jakarta.

Mayoritas responden dengan jumlah 37% menyatakan mereka puas dengan pembangunan struktur selama Anies memimpin. Diikuti dengan tata kelola perkotaan sebanyak 20,3% responden dan layanan transportasi umum sebanyak 11,3%.

"Ketika menanyakan tentang infrastruktur dan layanan perkotaan salah satu bentuk keberhasilan Pak Anies yaitu menata ulang infrastruktur seperti menambah jalur busway," ujarnya.

"Kemudian membangun dan mempercantik halte Transjakarta, integrasi melalui JakLingko. Kemudian biaya mikrolet mikrotrans itu digratiskan. Itu dinilai mereka sebuah keberhasilan, di mana Jakarta merupakan satu kota di Indonesia yang memiliki transportasi publik yang sudah terintegrasi," ujarnya.

Perlu diketahui, survei Pusat Data Bersatu dilakukan terhadap 400 responden melalui tele polling dengan telepon genggam. Survei ini dilakukan dengan warga yang berdomisili di 5 kota di Jakarta yakni Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Proporsional responden tiap kotanya dilakukan berbeda dengan melihat data. Adapun margin error dalam survei ini berada di angka lima persen.(mir)


0 Komentar