Jumat, 04 November 2022 20:55 WIB

Survei Sebut Pilihan Publik Mengerucut pada Tiga Nama Capres

Editor : Yusuf Ibrahim
Prabowo Subianto. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Prabowo Subianto sosoknya lebih dipersepsikan tegas. Hal ini terungkap dari hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN).

Direktur Eksekutif LSN Gema N Bakry mengungkapkan tiga sosok calon presiden (capres) dengan elektabilitas tertinggi yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan memiliki karakter citranya masing-masing Survei LSN ini dilaksanakan pada 29 Oktober-2 November 2022 di 34 provinsi terhadap 1.230 responden WNI berusia 17 tahun (memiliki KTP).

Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara melalui telepon (telesurvei) dengan margin of error 2,79 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. "Berdasarkan temuan LSN, responden yang menjatuhkan pilihan pada Prabowo sebagian besar (68,5%) karena menilai Menteri Pertahanan RI itu adalah sosok yang tegas," ujar Gema dalam rilis survei yang dilaksanakan pada Jumat (4/11/2022).

Kemudian alasan utama bagian terbesar responden (51,2%) memilih Ganjar Pranowo karena Gubernur Jawa Tengah ini dinilai merakyat. Sementara bagian terbesar responden (53,6%) yang memilih Anies Baswedan beralasan karena mantan Gubernur DKI itu sosok yang cerdas.

Lebih lanjut Gema mengungkapkan survei LSN menunjukkan bahwa pilihan publik semakin mengerucut kepada tiga nama capres saja, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Jika Pilpres dilaksanakan saat ini sebanyak 30,2% responden mengaku akan memilih Prabowo. Lalu 22,5% memilih Ganjar dan 20,8% memilih Anies Baswedan.Sementara 26,5% responden memilih tokoh-tokoh lainnya dan menjawab tidak tahu/tidak jawab.

Berdasarkan analisis cross-tabulation dari hasil survei LSN, ternyata Prabowo Subianto juga mendapatkan dukungan luas dari para pemilih pemula (first-time voters). Selain itu hasil survei LSN, sebanyak 36,7% responden yang termasuk dalam kategori pemilih pemula menjatuhkan pilihannya pada Prabowo Subianto seandainya (Pilpres) dilaksanakan saat ini.

"Sebanyak 21,9% responden mengaku akan memilih Ganjar Pranowo dan 18,5% responden memilih Anies Baswedan. Sisanya (22,9%) menjawab tidak tahu atau memilih tokoh lain," kata dia.

Survei LSN ini dilaksanakan pada 29 Oktober-2 November 2022 di 34 provinsi terhadap 1.230 responden WNI berusia 17 tahun (memiliki KTP). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara melalui telepon (telesurvei) dengan margin of error 2,79 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.(mir)


0 Komentar