Senin, 27 Februari 2023 11:50 WIB

Menpora Harap Suporter Bangun dan Kawal Visi Misi Sepak Bola Indonesia

Editor : Yusuf Ibrahim
Menpora (tengah) bersama Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia (PN-SSI). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) zainudin Amali resmi mengukuhkan Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia (PN-SSI). Acara pengukuhan digelar pada Rabu (22/2/2023), di Auditorium Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat.

PN-SSI dikukuhkan guna menciptakan ekosistem sepak bola yang kondusif. Selain itu juga mengimplementasikan Undang-Undang No.11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan yang terkait dengan suporter.

 

“Hari ini menjadi hari yang bersejarah buat sepak bola Indonesia sesuai arahan Undang-Undang No 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan. Ada pasal yang mengatur tentang suporter terkait hak dan kewajiban itu diatur dan beberapa waktu yang lalu kami sudah mempersiapkan ini, dan akhirnya terbentuk presidium yang menaungi suporter ini,” ujar Menpora.

“Saya berharap nanti tidak hanya di tingkat pusat tapi akan terbentuk di daerah-daerah dan yang paling utama adalah di klub-klub baik di Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 karena perintah Undang-Undang mereka harus berada dalam satu organisasi,” katanya menambahkan.

Acara pengukuhan PN-SSI juga dihadiri oleh Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops), Irjen Agung Setya Imam Effendi. Dengan adanya PN-SSI ini, ia berharap suporter semakin tertib saat menyaksikan pertandingan sepak bola.

“Suporter menjadi bagian dari persepakbolaan kita. Jadi supaya bagaimana kita bersama-sama mengelola suporter ini agar kemudian aman dan selamat," tutur Agung.

"Dua hal ini yang ingin kami capai dalam setiap pertandingan sehingga suporter selamat dari hal-hal yang tidak kita harapkan. Itu menjadi langkah kita untuk kita lakukan bersama."

“Harapan kami komunikasi dan koordinasi bisa dilakukan terus-menerus agar kemudian kami bisa menyiapkan jalur-jalur penyelamatan pintu masuk yang nyaman bagi suporter dan menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan kekacauan yang tidak kita inginkan,” imbuh Agung.

Tugas dan Fungsi PN-SSI

1. Pengurus Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia masa bakti 2023-2027 diharapkan mampu menjadi bagian penting dalam membangun dan mengawal visi misi pembangunan sepak bola Indonesia yang profesional, mandiri dan berprestasi serta mampu memberdayakan suporter dalam berbagai aspek.

2. Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesa adalah garda terdepan dalam mewujudkan percepatan transformasi sepak bola Indonesia dan mitra pemerintah dalam mensosialisasikan dari implementasi UU Nomor 11 Tahun 2022 dan peraturan pemerintah lainnya tentang keolahragaan.

3. Kehadiran kepengurusan Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia ini adalah atas dasar kepercayaan dan kehormatan untuk siap memberikan pengabdian yang terbaik bagi organissasi serta bangsa semoga tuhan yang maha kuasa selalu memberikan perlindungan dan petunjuk dalam pengabdian kami kepada bangsa dan negara Indonesia.


0 Komentar