Selasa, 14 Maret 2023 18:52 WIB

Kapolri: Kurang Lebih 123 Juta Orang yang Akan Mudik

Editor : Yusuf Ibrahim
Mudik dengan motor. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Mudik Lebaran 2023 akan menjadi pertaruhan Polri. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi angka pemudik 2023 mencapai 123 juta orang.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, jumlah pemudik pada 2023 jauh lebih besar dibanding tahun sebelumnya. Pada 2022, jumlah pemudik hanya sekitar 85 juta. "Tahun ini kurang lebih 123 juta yang akan mudik, tentu kita bisa membayangkan bagaimana kalau rekayasa lalu lintas yang kita siapkan ke depan tidak kita laksanakan secara maksimal," kata Kapolri seusai Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Korlantas Polri di Ballroom Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Selasa (14/3/2023).

Kapolri mengungkapkan, Polri awalnya memprediksi akan terjadi kemacetan luar biasa pada mudik Lebaran 2022. Namun, fakta di lapangan berbicara lain. Pihaknya bersyukur bisa mengatasi puluhan juta pemudik pada tahun lalu, sehingga kemcetan luar biasa tidak terjadi.

Oleh karenanya, lanjut Kapolri, menghadapi mudik tahun ini, koordinasi dengan stakeholders terkait dilakukan lebih awal. Lebih jauh lagi, pihaknya juga melakukan pengecekan dan survei lapangan terkait jalur yang akan digunakan oleh para pemudik.

Setelah itu, pihaknya akan menggelar rapat koordinasi terkait dengan rekaya lalu lintas (lalin) yang sudah disiapkan sebelumnya. "Intinya, baik pemudik yang menggunakan jalur tol, maupun jalur arteri, semuanya harus merasakan pelayanan yang maksimal khususnya dari jajaran kepolisian. Tentunya, kita anjurkan untuk pilihan moda transportasi yang lain yang tentunya juga nyaman buat masyarakat seperti kereta api, dan sebagainya," kata Kapolri.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyebut 123 juta orang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023. Jumlah tersebut sesuai dengan riset yang dilakukan Kemenhub menjelang arus mudik tahun ini. Setiap tahun, kata Budi, Kemenhub melakukan riset untuk mengetahui jumlah pemudik yang bakal melakukan perjalanan mudik.

Budi menyebut, hasil riset tersebut menunjukan kenaikan signifikan jumlah pemudik dibanding tahun lalu. "Riset yang kita lakukan jumlah sekarang ini naik signifikan dari 85 juta naik menjadi 123 juta (pemudik)" ujar Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Merak, Sabtu, 11 Maret 2023.(mir)


0 Komentar