Jumat, 30 Juni 2023 21:43 WIB

Sandiaga Uno Diyakini Dongkrak Suara Partai Persatuan Pembangunan di Pemilu 2024

Editor : Yusuf Ibrahim
Sandiaga Salahuddin Uno. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Bergabungnya Sandiaga Salahuddin Uno dinilai mampu mendongkrak suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Pemilu 2024.

Sandi merupakan sosok populer dan disukai kalangan anak muda hingga emak-emak. Pandangan ini disampaikan Direktur Program Puspoll Indonesia, Chamad Hojin merujuk respons positif dari masyarakat ketika Sandiaga Uno resmi bergabung dengan PPP dan ditunjuk sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasional 2024.

Menurutnya, elektabilitas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu juga kian meningkat, bahkan kini digadang sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo. "Popularitas dan elektabilitas Sandi cukup bagus dan terus meningkat. Sandi memiliki ceruk pasar anak muda, milenial, muslim kota, santri, dan juga kaum perempuan, terutama emak-emak," kata Chamad Hojin dalam siaran tertulis, Jumat (30/6/2023).

"Segmen pemilih ini sudah menjadi fanbase lama Sandi. PPP harus mendekati mereka agar ikut gabung dan memilih PPP," ujarnya.

Selain itu, gagasan Sandiaga Uno mengenai Poros Percepatan Pembangunan sangat relevan dengan bonus demografi pada 2030. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan Pemilu 2024 hampir 53% adalah pemilih muda dengan rentang usia 17-40 tahun. Kelompok usia ini tumbuh dan besar di era demokrasi dan era digital.

"Mereka sangat konsen dengan isu lapangan kerja, wirausaha, dan juga ekonomi kreatif," ujar Hojin.

Menurutnya, PPP perlu langkah cepat dan strategis untuk mendulang suara dari tingginya elektabilitas Sandiaga Uno. "Tantangan bagi PPP yakni mengkonversikan elektabilitas Sandi menjadi suara dan kursi PPP," katanya.

Hojin merekomendasikan agar PPP segera menyiapkan ekosistem kewirausahaan yang dibutuhkan generasi milenial dan zillennial. Tujuannya agar fanbase Sandiaga Uno bisa nyaman dengan PPP.

Bersamaan dengan hal itu, kata Hojin, Sandiaga Uno juga perlu memahami nilai-nilai kultural santri yang selama ini mendominasi pemilih PPP. "Sandi telah berkeliling ke sejumlah kiai dan pesantren. Harapannya para santri juga nyaman dengan Sandi, terutama untuk memberikan pelatihan wirausaha santripreneur," katanya.

Hojin optimistis dengan sinergi pemilih Sandi dan PPP, target perolehan 50 kursi dengan suara nasional 11 juta pada Pemilu 2024 akan tercapai. "Kuncinya fokus dan gerak cepat untuk menyinergikan dua potensi tersebut," katanya.

Sebelumnya, Sandiaga Uno yang kini menjabat Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP, menargetkan 11 juta suara pada Pemilu 2024. Mantan politikus Partai Gerindra itu optimistis mampu meraih target suara itu.

"Sebagaimana tugas yang diberikan Plt Ketum PPP Pak Mardiono harus merebut 11 juta suara. Tugas ini cukup berat, tapi dengan kekompakan kita semua insyaAllah akan tercapai," kata Sandiaga Uno saat memimpin rapat Bappilu PPP secara virtual pada Sabtu (24/6/2023).

Sandi menyampaikan telah melakukan pemetaan politik, sehingga meski dirinya kini tengah menunaikan ibadah haji bersama sang istri, Nur Asia, mesin politik PPP telah bekerja. "Nanti kita jalan bersama, jaga kekompakan," katanya.(fik)


0 Komentar