Rabu, 19 Juli 2023 13:27 WIB

Kirab Pusaka dan Pergantian Tahun, Ganjar Harap Masyarakat Semangat dan Lebih Baik

Editor : Yusuf Ibrahim
Ganjar (kanan). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama sejumlah pejabat mengikuti proses kirab pusaka malam satu suro pura mangkunegaran di Solo, Senin (18/7/2023) malam.

Ganjar berharap pergantian hijriah bisa membuat masyarakat lebih semangat. Menurut dia, acara ritual Kirab Pusaka Pura Mangkunegaran adalah acara yang menarik. Tradisi kebudayaan lama yang hingga kini masih berjalan. ”Acara ritual yang menurut saya bagus. Jadi kebudayaan yang masih berjalan, menarik ya,” kata Ganjar.

Ganjar dalam kesempatan itu juga ikut laku topo bisu atau mengelilingi Pura Mangkunegaran tanpa bicara. Ia bersama pejabat lain seperti Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Anggota DPR RI Aria Bima. ”Yang ikut kirab jalan terus yang tidak ikut kirab berhenti di sini sambil berdoa,” ujarnya.

Ganjar pun berharap pergantian tahun hijriah ini bisa membuat seluruh masyarakat semakin semangat dan mampu merefleksikan diri untuk menjadi lebih baik. ”Mudah-mudahan kita memasuki tahun baru Muharram itu bisa bikin kita makin semangat bisa merefleksikan diri tahun-tahun sebelumnya. Yang kurang kita perbaiki,” tutupnya.(mir)


0 Komentar