Kamis, 27 Juli 2023 20:43 WIB

Ganjar Harap Petani Tembakau Jadi Lebih Modern dan Ikuti Perkembangan Zaman

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi panen tembakau. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo --yang juga Bacapres Partai Perindo-- membuka Festival Lembutan Bansari ke-4 di Desa Campuranom, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Kamis (27/7/2023).

Sebelum membuka, Ganjar menggelar dialog bersama warga dan petani tembakau. Festival Lembutan Bansari merupakan acara rutin tahunan yang bertujuan untuk melestarikan tradisi merajang tembakau halus menggunakan alat tradisional atau sering disebut lembutan oleh masyarakat setempat.

Festival ini di samping memberikan tontonan, tetapi juga edukasi kepada masyarakat untuk melestarikan tradisi lembutan dari generasi ke generasi. Tiap tahun, Ganjar selalu menghadiri festival ini. Bahkan, Ganjar dinobatkan sebagai Senopati Tembakau oleh warga. "Kami menobatkan Pak Ganjar sebagai Senopati Tembakau. Ke depan, kami berharap akan menjadi Ratu Tembakau," seru Kang Ceper, salah satu petani tembakau saat berdialog bersama Ganjar.

Ceper menambahkan, penobatan itu karena Ganjar dinilai sebagai sosok pemimpin yang mampu membawa petani tembakau lebih sejahtera. "Biar lebih mensejahterakan petani tembakau," lanjutnya.

Hal itu disambung oleh Kang Jayeng, yang juga petani tembakau. Menurutnya, para petani tembakau di Temanggung telah memasrahkan nasibnya kepada Ganjar. "Saya dan jutaan petani tembakau beserta keluarga, nasib kami semuanya pasrah pada Pak Ganjar," jelasnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa Festival Lembutan Bansari merupakan upaya melestarikan tembakau. Ia men-support dengan selalu hadir di tiap gelaran tersebut.

"Memang selalu saja tiap tahun mereka mengundang saya karena tiap kali panen mereka sebenarnya selalu butuh bantuan agar pabrikan bisa membeli produknya," tuturnya.

Masa panen kali ini dibarengi dengan kondisi cuaca yang bagus, sehingga dapat memghasilkan produk tembakau yang bagus pula. "Tinggal sekarang membantu mereka agar bisa masuk ke pabrikan dan dijual dengan harga yang bagus juga. ini kita butuh saling pengertian antara petani dengan pabrikan. kalau itu bisa dilakukan komunikasi dengan baik, harga bagus petani akan sejahtera," imbuhnya. S

elain berkomunikasi dengan pihak pabrik, menurut Ganjar penting juga dilakukan pendampingan kepada petani agar lebih modern dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Dengan semangat pelestarian ditambah dengan pendampingan dan sistem modern, Ganjar optimis tembakau bisa menjadi produk unggulan Indonesia. "Sangat bisa tembakau jadi produk unggulan Indonesia," tandasnya.(des)


0 Komentar