Selasa, 01 Agustus 2023 13:38 WIB

Heru Upayakan Transportasi Umum Jadi Gratis saat HUT RI ke-78

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilanews.com- Kepala Sekretariat Presiden sekaligus Ketua 1 Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia (HUT ke-78 RI) Heru Budi Hartono menjelaskan bahwa pihaknya berencana menggratiskan sejumlah moda transportasi umum selama perayaan 17 Agustus 2023, seperti TransJakarta (TJ) hingga Mass Rapid Transit (MRT).

"Itu ide bagus, ya. Nanti kami coba ajukan dulu agar transportasi umum saat HUT RI jadi gratis," kata Budi di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta Pusat, Senin (31/7/2023).

Kemudian waktu atau tanggal hingga rute transportasi umum mana saja yang akan gratis saat HUT ke-78 RI ini, kata Budi, akan disampaikan setelah nanti sudah disepakati dan dirampungkan.

Sementara itu untuk Commuter Line (KRL), apakah nanti akan ikut digratiskan saat HUT ke-78 RI, Budimenyatakan hal itu bukan wewenangnya. Namun hanya akan mengusulkan seputar moda transportasi umum yang berada di bawah pihaknya saja.

"Itu lain lagi, di luar kami ya," ujar Pj Gubernur DKI itu. Selain itu, saat HUT ke-78 RI di Monumen Nasional (Monas) akan menghadirkan sejumlah hiburan untuk masyarakat.

Terlebih bagi yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan di Istana Merdeka saat perayaan 17 Agustus 2023 ini. "Kami menyiapkan tempat dan state, jadi mereka tidak bisa sempat ikut keramaian di istana bisa datang ke Monas," terangnya.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo sekaligus Ketua 1 HUT ke-78 RI menambahkan, nantinya akan menghadirkan rangkaian site events yang akan semakin memeriahkan kegiatan tersebut.

"Kami sudah menyiapkan tiga site event yang dirancang, kita bersama-sama untuk membangkitkan semangat kebangsaan dan kebanggaan atas tradisi budaya Indonesia," katanya.

Site eventnya diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM), yakni dengan tujuan untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap budaya Indonesia, serta direpresentasikan melalui pergelaran seni.(fik)


0 Komentar